+ -

Pages

Pengertian Demografi (1)

Demografi muncul karena adanya kesadaran bahwa data statistik kependudukan dapat menjelaskan berbagai kondisi masyarakat dan perubahan-perubahannya. Sebagai contoh; data kelahiran dan kematian dapat menjelaskan perubahan jumlah dan kepadatan penduduk suatu wilayah.

Para ahli demografi tertarik dengan kelahiran, kematian dan migrasi karena memang ketiga faktor inilah yang mempengaruhi perubahan pada penduduk. Ketiga faktor ini diukur dengan tingkat kelahiran, tingkat kematian dan tingkat migrasi yang menentukan jumlah penduduk, komposisi umur dan laju pertumbuhan penduduk.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh para demografer adalah: berapa banyak laki-laki dan perempuan sekarang?, Berapa umur mereka?, Berapa banyak kelahiran yang terjadi? Bagaimana kharakteristik orang-orang yang mati atau yang pindah? Atau bagaimana dan mengapa terjadi perubahan?

John Graunt, seorang penjual bahan pakaian yang hidup tahun 1620-1674 menjawab beberapa pertanyaan seperti ini. Dia mengestimasikan penduduk London di abad 17 terdiri dari 199.000 laki-laki dan 185.000 perempuan dan dalam kurun 1628-1662, laki-laki yang lahir sedikit lebih banyak dibanding perempuannya. Pengetahuannya mengenai “shop arithmetic” menjadi dasar “Natural and Political Observations.Made upon the Bills of Mortality (1662)”, suatu studi tentang kelahiran dan kematian. Graunt disebut juga ‘Bapak Demografi’ karena ia menghitung ukuran-ukuran demografi dan statistik-statistik lainnya.

Demografi berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Demos” = rakyat atau penduduk dan “Grafein” = menulis. Jadi Demografi adalah tulisan-tulisan atau karangan-karangan mengenai rakyat atau penduduk. Istilah ini untuk pertama kalinya dipakai oleh Achille Guillard dalam karangannya berjudul “Elements de Statistique Humaine on Demographic Compares” pada tahun 1885.
5 Blogger Jambi: Pengertian Demografi (1) Demografi muncul karena adanya kesadaran bahwa data statistik kependudukan dapat menjelaskan berbagai kondisi masyarakat dan perubahan-peru...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >