+ -

Pages

Sumber Data Kependudukan

Sensus Penduduk (SP)
Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada tahun-tahun yang berakhiran “0” seperti SP61, SP71, SP80, SP90, SP2000 dan SP2010.

Survei Pendudukan Antar Sensus (SUPAS)
Kegiatan ini dilaksanakan pada tahun antara dua sensus dan biasa pada tahun yang berakhiran “5” seperti SUPAS76, SUPAS85, SUPAS95 dan SUPAS2005.

Survei Kependudukan
Kegiatan ini untuk mendapatkan keterangan tentang kependudukkan yang lebih rinci, dan biasanya dilakukan dengan menggunakan sampel, yaitu sekelompok penduduk yang dipilih untuk diwawancarai, yang dianggap dapat mewakili populasi. Karena dilakukan terhadap suatu wilayah tertentu saja, maka data yang tersedia juga hanya mencerminkan sifat populasi di wilayah tersebut. Sebagai akibat pemakaian sampel, maka data survei tidak terlepas dari adanya kesalahan sampel (sampling error). Contoh: Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 1991, 1994, 1997.

Registrasi Penduduk
Registrasi penduduk adalah pencatatan secara terus menerus mengenai peristiwa-peristiwa demografi seperti kelahiran, kematian, perpindahan, perkawinan, dan adopsi. Pencatatan yang hanya mencakup peristiwa kelahiran, kematian, pernikahan dan perceraian, disebut registrasi vital (vital registration).
5 Blogger Jambi: Sumber Data Kependudukan Sensus Penduduk (SP) Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada tahun-tahun yang berakhiran “0” seperti SP61, SP71, SP80, SP90, SP2000 dan SP20...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >