+ -

Pages

Digital Elevation Model (DEM)

Digital Elevation Model (DEM) adalah data digital yang menggambarkan geometri dari bentuk permukaan bumi atau bagiannya yang terdiri dari himpunan titik-titik koordianat hasil sampling dari permukaan dengan algoritma yang didefinisikan permukaan tersebut menggunakan himpunan koordinat. (Tempfli, 1991)

DEM merupakan suatu sitem, model, metode, dan alat dalam mengumpulkan, prossesing, dan penyajian informasi medan. Susnan nilai-nilai yang mewakili distribusi spasial dari karakteristik medan, distribusi spasial diwakili oleh nilai-nilai pada sistem koordinat horizontal XY dan karakteristik medan diwakili oleh ketinggian medan dalam sistem koordinat Z. (Frederic J. Doyle,1991)

DEM khususnya digunakan untuk menggambarkan relief medan. Gambaran relief muka bumi tiga dimensi (3-Dimensi) yang menyerupai keadaan sebenarnya di dunia nyata (real world) divisualisasikan dengan bantuan teknologi komputer grafis dan teknologi virtual reality. (Mogal, 1993)
5 Blogger Jambi: Digital Elevation Model (DEM) Digital Elevation Model (DEM) adalah data digital yang menggambarkan geometri dari bentuk permukaan bumi atau bagiannya yang terdiri dari h...

2 komentar:

  1. Gan, ane minta ijin copy pengertian DEM yah...maksih semoga bisa bermanfaat..:)

    BalasHapus
  2. Ada satu yang kurang,,
    referensi dari sitasinya, jadi ketauan banget kopi pastenya kalo engga ada.. :)

    BalasHapus

< >