+ -

Pages

Belajar Menulis: Mengedit Tulisan

Setelah membaca beberapa tulisan tentang menulis yang ada di internet, baru saya mengetahui bahwa setelah menulis sebuah tulisan maka tulisan tersebut jangan langsung di-publish, tapi harus diedit dulu. Biasanya tulisan yang baru jadi tersebut masih memiliki tata bahasa yang kurang baik dan kurang enak dibaca sehingga perlu dilakukan editing.

Cara melakukan editing: setelah membuat tulisan maka tulisan tersebut kita biarkan saja dulu. Kita bisa istirahat dulu atau kita cari topik lain untuk membuat tulisan yang baru lagi. Setelah beberapa saat kemudian baru tulisan tersebut kita baca kembali. Biasanya setelah istirahat otak kita lebih fresh, oleh karena itu kita akan lebih banyak mengetahui kesalahan tulisan yang kita buat.

Setelah dibaca maka kita akan mengetahui bahwa tulisan tersebut harus diperbaiki karena tata bahasa dan hubungan antar kalimatnya belum sempurna. Kalau tulisan tersebut perlu dirombak ulang maka tulisan tersebut kita rombak ulang saja. Kalau perlu ada orang lain yang membaca tulisan tersebut dan mengeditkannya untuk kita. Atau kita minta saran saja dari orang tersebut. Pengeditan kalau bisa jangan dilakukan sekali saja. Dua atau tiga kali saja sudah cukup.

Ada orang yang langsung mem-publish tulisan setelah membuatnya, tapi tata bahasa tulisan yang dibuatnya sudah bagus tanpa dilakukan pengeditan ulang. Mungkin saja orang tersebut telah berpengalaman, berbakat dan cerdas untuk menjadi seorang penulis. Tidak seperti saya yang sudah lama menulis tapi tulisannya masih amburadul. :)

Akhirnya saya bisa mengetahui kesalahan saya selama ini. Saya biasanya malas membaca tulisan yang telah saya buat. Biasanya kalau sudah selesai membuat sebuah tulisan maka saya edit sedikit, kemudian langsung di-publish. Bagaimana struktur kalimatnya atau hubungan antar kalimat saya sudah tidak peduli lagi. Membacanya saja saya sudah malas apalagi mau mengeditnya.

Walaupun begitu, yang sudah berlalu biarkanlah berlalu. Kedepan tulisan yang sudah saya buat harus saya edit terlebih dahulu. Biar enak dibaca dan pembaca tidak bingung apa yang saya sampaikan lewat tulisan saya. Setelah itu lama-kelamaan mungkin saya bisa menjadi seorang penulis yang handal. Hahaha.. mimpi, tapi semoga menjadi kenyataan. :)
5 Blogger Jambi: Belajar Menulis: Mengedit Tulisan Setelah membaca beberapa tulisan tentang menulis yang ada di internet, baru saya mengetahui bahwa setelah menulis sebuah tulisan maka tulisa...

2 komentar:

  1. Bagus tidaknya tulisan tergantung editannya, bung, menurut saya. Semua penulis, baik yang mahir atau belum, pasti melakukan editting. Nice post. salam kenal

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya,, salam kenal juga,,

    BalasHapus

< >