+ -

Pages

Kebudayaan

Kebudayaan berasal dari bahasa Sankerta yaitu "budayah" atau "budi". Asal kata kebudayaan yaitu "budi" dan "daya" yang berarti "daya dari budi" yang berupa cipta, karsa dan rasa manusia.

Cipta adalah hasil pikir manusia yang tidak bisa dilihat karena terdapat dalam jiwa manusia. Akan tetapi dapat dirasakan hasilnya apabila telah diwujudkan dalam suatu pekerjaan atau benda. Hasil itu misalnya berbagai teknologi modern yang dihasilkan dari ilmu pegetahuan manusia.

Karsa adalah wujud ilmu pengetahuan manusia. Misalnya hasil teknologi dan kebendaan seperti gedung, jembatan, jalan, pabrik dan sebagainya.

Rasa merupakam jiwa manusia yang berupa aturan-aturan dan nilai-nilai kemasyarakatan yang diperlukan untuk mengatur manusia sebagai makhluk sosial. Rasa ini dapat berupa agama dan ideologi. Jadi kebudayaan manusia itu dapat berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dalam akan kehidupan saja.
5 Blogger Jambi: Kebudayaan Kebudayaan berasal dari bahasa Sankerta yaitu "budayah" atau "budi". Asal kata kebudayaan yaitu "budi" dan &q...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >