+ -

Pages

Menulis Dengan Tangan Baik Bagi Otak

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa menulis dengan tangan lebih baik bagi otak daripada mengetik dengan keyboard komputer atau laptop. Menulis dengan tangan mendorong kemampuan visual otak mengenal lebih jauh eh,, mengenal lebih dekat huruf dan angka.

Namun, menurut saya menulis dengan tangan juga punya kelemahan, seperti tulisan kita sulit di-edit jika terjadi kesalahan dalam penulisan. Jika terjadi kesalahan penulisan yang menggunakan pensil maka kita harus menghapusnya terlebih dahulu, kalau menggunakan pena harus dicoret terlebih dahulu. Repotkan!! Jika menggunakan laptop, kita tinggal memencet DEL.

Kemudian kalau menulis dengan tangan, kita harus mengetiknya lagi jika ingin mendapatkan softcopy-nya kita. Ini namanya kerja dua kali. Sedangkan jika kita mengetik dengan laptop, maka untuk mendapatkan hardcopy-nya kita tinggal mencetaknya saja dengan printer, selesai.

Di jaman sekarang ini, jika ingin mengabadikan tulisan sebaiknya kita memanfaatkan laptop dan internet sebagai media penyimpanan. Google sudah memberikan layanan Google Docs dan Google Notebook yang mempermudah kita mengetik, menyimpan dan mengakses data kapan saja dan dimana saja kita mau (kalau ada laptop dan jaringan internet tentunya). Kalau tulisan tangan, medianya lebih mudah hilang jika tidak disimpan dengan baik.
5 Blogger Jambi: Menulis Dengan Tangan Baik Bagi Otak Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa menulis dengan tangan lebih baik bagi otak daripada mengetik dengan keyboard komputer atau lapto...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >