+ -

Pages

Meningkatkan Kualitas Tulisan

Setelah saya baca-baca kembali tulisan yang pernah saya buat, ternyata banyak sekali tulisan tersebut yang tata bahasanya belum baik. Dari tulisan-tulisan tersebut dapat diketahui bahwa saya masih malas memperhatikan kualitas tulisan. Tulisan yang baru selesai dibuat seharusnya saya edit terlebih dahulu sebelum dipublish. Selama ini tulisan yang baru selesai dibuat biasanya langsung saya publish. Akhirnya tata bahasa tulisan tersebut banyak yang berantakan.

Kesalahan-kesalahan tulisan sudah saya catat dan saya sudah merancang bagaimana cara memperbaikinya. Kesalahan-kesalahannya seperti masih terdapatnya kalimat-kalimat yang tidak perlu yang seharusnya dibuang. Jika ada kalimat-kalimat yang tak perlu tersebut malah membuat tulisan menjadi kurang bermakna. Ada juga kalimat yang pemilihan kata-katanya kurang pas, hubungan kalimat yang tidak cocok dan lain-lain. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan umum ini, kedepan saya bisa meningkatkan kualitas tulisan menjadi lebih baik lagi ketika menulis sebuah tulisan.

Belajar menulis itu butuh kesabaran. Sabar untuk mencari ide, sabar untuk menulis dan sabar juga untuk mengeditnya. Tulisan yang baru pertamakali selesai merupakan sebuah draft tulisan yang harus diedit terlebih dahulu, bukan langsung menjadi sebuah tulisan jadi yang dapat di publish. Pengeditan dilakukan agar tulisan tersebut dapat ditata sehingga menghasilkan sebuah tulisan yang lebih sempurna. Dan semuanya itu membutuhkan kesabaran.

Tulisan yang dibuat haruslah berkualitas, bukan dibuat secara asal-asalan. Jika dibuat secara asal-asalan, maka hasilnya juga akan menjadi asal-asalan. Jika saya tidak meningkatkan kualitas tulisan dari sekarang, maka sampai nanti tulisan saya akan terus seperti itu. Tak akan banyak perkembangan yang berarti. Tetapi jika sering memperhatikan kualitas tulisan maka saya yakin tulisan yang saya buat semakin lama akan semakin baik. Amin.
5 Blogger Jambi: Meningkatkan Kualitas Tulisan Setelah saya baca-baca kembali tulisan yang pernah saya buat, ternyata banyak sekali tulisan tersebut yang tata bahasanya belum baik. Dari t...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >