+ -

Pages

Struktur Tulisan (Karangan)

Menulis telah diajarkan ketika kita sekolah di SD, SMP dan SMA dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajarannya diajarkan dari dasar. Ketika kelas satu SD diajarkan menulis kata-kata, kelas dua SD diajarkan cara membuat kalimat, kelas tiga SD diajarkan cara membuat tulisan atau karangan. Belajar menulis terus dikembangkan hingga lulus SMA. Sampai sekarang sudah tidak terhitung lagi jumlah tulisan yang telah kita buat. Jadi tidak ada alasan lagi kalau ingin membuat tulisan harus belajar lagi.

Struktur sebuah tulisan sebenarnya sangat sederhana. Sebuah tulisan terdiri dari beberapa paragraf. Satu paragraf dibentuk dari satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Kalimat utama merupakan inti dari informasi dan kalimat penjelas menjelaskan informasi yang disampaikan oleh kalimat utama. Kalimat utama bisa terletak di awal paragraf, akhir paragraf atau tengah paragraf. Jika dalam membuat tulisan ternyata dalam satu paragraf terdapat dua kalimat utama maka sebaiknya paragraf tersebut dipecah menjadi dua.

Untuk membuat sebuah tulisan maka ikuti saja struktur di atas.
5 Blogger Jambi: Struktur Tulisan (Karangan) Menulis telah diajarkan ketika kita sekolah di SD, SMP dan SMA dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajarannya diajarkan dari dasar. Ket...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >