+ -

Pages

Jiwa dan Raga

Manusia terdiri dari jiwa dan raga. Jiwa terletak di dalam raga. Jiwa dan raga saling membutuhkan. Tak ada guna jiwa jika tak mempunyai raga dan tak ada guna raga jika jiwa tidak ada.

Entah apa wujud jiwa yang tak memiliki raga. Mungkin saja tak berwujud. Jiwa yang tak beraga mungkin saja hidup di suatu tempat yang kita tidak tahu entah dimana itu.

Sama dengan jiwa, raga yang tak mempunyai jiwa hanyalah sebuah mayat. Tak bisa bergerak dan tak ada gunanya. Raga ini akan hancur menjadi tanah.

Dibutuhkan sebuah keutuhan jiwa dan raga. Raga membutuhkan jiwa dan jiwa juga membutuhkan raga. Jika seseorang meninggal, maka jiwanya pergi meninggalkan raganya. Semua orang di sekelilingnya akan nenangisi kepergian jiwanya meski raganya masih ada. Ini menjadi sebuah bukti bahwa keutuhan keduanya sangat diinginkan meski suatu saat jiwa pasti akan pergi meninggalkan raga.
5 Blogger Jambi: Jiwa dan Raga Manusia terdiri dari jiwa dan raga. Jiwa terletak di dalam raga. Jiwa dan raga saling membutuhkan. Tak ada guna jiwa jika tak mempunyai raga...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >