+ -

Pages

Belajar Menulis: Praktek Bukan Teori

Hari ini, untuk yang kesekian kalinya, saya telah selesai membaca buku tentang belajar menulis. Sudah tidak terhitung lagi sudah berapa banyak buku mengenai belajar menulis yang telah saya baca. Walaupun begitu, sampai sekarang saya tidak pernah bosan membaca buku tentang belajar menulis. Kalau masih ada lagi buku tentang menulis maka pasti akan saya lahap lagi buku tersebut.

Setiap setelah saya membaca buku tentang menulis, saya selalu menarik kesimpulan bahwa yang paling utama dalam belajar menulis adalah praktek menulis, bukan teori menulis. Kalau ingin belajar menulis maka siapkanlah laptop atau pena dan pensil kemudian tulislah apa yang akan ditulis. Jangan pikirkan bahwa hasilnya adalah tulisan yang jelek, walaupun yakin bahwa tulisan yang dihasilkan adalah tulisan yang jelek. Tapi tuliskan saja apa yang akan ditulis. Jangan pernah menyerah sebelum berperang.

Setelah selesai menumpahkan apa yang ada di pikiran ke dalam kertas, maka diamkanlah tulisan tersebut selama beberapa jam. Kemudian lakukanlah editing terhadap tulisan tersebut. Kemudian biarkan lagi selama beberapa hari. Setelah itu edit kembali tulisan tersebut. Saya rasa hasil tulisan tersebut sudah semakin bagus.

Kalau rasanya tulisan tersebut masih kurang bagus maka biarkan lagi selama satu hari dan editlah kembali. Begitu seterusnya sampai tulisan menjadi lebih bagus.

Begitulah kata penulis-penulis yang telah menghasilkan banyak tulisan bagus. Saya pun menerapkan apa yang disarankannya. Tapi sayang saya jarang mengedit tulisan saya dan sampai sekarang masih banyak tulisan saya yang masih jelek.

Tapi bagi saya, saya selalu menikmati kegiatan belajar menulis dan saya bisa belajar menulis setiap hari dengan senang hati. Jika ada laptop dan waktu luang maka saya akan menulis. Semua hasil tulisan saya ada di dalam blog ini. :)
5 Blogger Jambi: Belajar Menulis: Praktek Bukan Teori Hari ini, untuk yang kesekian kalinya, saya telah selesai membaca buku tentang belajar menulis. Sudah tidak terhitung lagi sudah berapa bany...

3 komentar:

  1. Wah wah wah. . .
    Bapak juga gemar menulis dan membaca ya?

    BalasHapus
  2. hi..
    apa boleh saya bertanya tentang statistik di blog ini ?

    terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  3. boleh, selagi saya bisa, akan saya jawab..

    BalasHapus

< >