+ -

Pages

Belajar, Mengulang dan Memperdalam Ilmu Statistik

Pada jaman sekarang, statistik bukanlah sederetan angka yang tak bermakna. Statistik yang diperoleh dan dianalisis dengan baik sangat dibutuhkan oleh berbagai disiplin ilmu. Baik itu teknik, kedokteran, ekonomi, pertanian, sosial, budaya, pendidikan dan lain-lain.

Karena dibutuhkan oleh berbagai disiplin ilmu maka hampir semua jurusan yang ada di kampus-kampus mempelajari ilmu statistik. Minimal satu semester. Kegunaann pada umumnya adalah untuk membuat tugas akhir bagi mahasiswa. Penelitian mahasiswa baik itu penelitian kuantitatif maupun kualitatif membutuhkan metode statistik.

Sangat disayangkan jika saya ini yang merupakan lulusan dari jurusan statistik dan sehari-hari bekerja di bidang statistik tidak terus mempelajari ilmu statistik. Walaupun bekerja di bidang statistik bukan berarti ilmu statistik saya semakin bertambah. Pekejaan statistik yang saya jalani sekarang ini pada umumnya hanya sebatas pada tahap pengumpulan data saja, tidak banyak melakukan perencanaan statistik atau analisis statistik. Kalaupun ada analisis data paling-paling hanya seputar statistik deskriptif saja. Jadi perlu bagi saya mempertahankan ilmu statistik yang saya miliki.

Untuk memperoleh tambahan ilmu seharusnya saya terus belajar ilmu statistik . Selain itu saya juga harus mengulang dan memperdalam ilmu statistik yang diperoleh waktu kuliah dulu. Jangan sampai apa yang dipelajari dengan susah payah dulu lenyap begitu saja. Dan alangkah lebih baik lagi jika ilmu statistik juga saya miliki saya bagi-bagikan kepada orang lain. Jadi kalau ada yang bertanya tentang statistik silahkan bertanya selagi saya masih bisa menjawabnya. Hehe..
5 Blogger Jambi: Belajar, Mengulang dan Memperdalam Ilmu Statistik Pada jaman sekarang, statistik bukanlah sederetan angka yang tak bermakna. Statistik yang diperoleh dan dianalisis dengan baik sangat dibut...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >