+ -

Pages

Entry Data: Salah Satu Tahap dalam Proses Statistik

Hampir sebulan kami melakukan entry data. Karena saking banyaknya data yang harus dientry, saya pernah merasa kehilangan semangat untuk melanjutkan kegiatan ini. Untunglah ketika kegiatan ini hampir selesai, semangat saya timbul lagi. Saya harus mempertahankan semangat ini hingga entry data selesai sampai akhir.

Untuk mempertahankan semangat ini, saya pun mencoba memaknai sedikit tentang kegiatan entry data supaya saya tidak menganggap kegiatan ini sebagai kegiatan yang tidak penting dan membosankan.

Entry data merupakan tahap dari proses statistik. Entry data adalah memindahkan data yang ada di dalam kuesioner ke dalam komputer. Istilah lainnya adalah menyederhanakan data mentah dengan merubah data dalam bentuk kuesioner (hardcopy) menjadi data dalam bentuk file komputer (softcopy).

Dengan adanya pemindahan data dari kuesioner ke dalam komputer maka pengolahan dan analisis data akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat dilakukan. Analisis data dapat dilakukan dengan mudah melalui software-software statistik seperti SPSS, Minitab, SAS atau software-software statistik lainnya. Jika tidak ada entry data maka tabulasi dan analisis data akan dilakukan secara manual. Cara manual ini membutuhkan waktu yang lama dan akan banyak kesalahan yang dilakukan sepanjang pengerjaannya. Cara manual ini sudah tidak relevan lagi dilakukan pada zaman sekarang ini.
5 Blogger Jambi: Entry Data: Salah Satu Tahap dalam Proses Statistik Hampir sebulan kami melakukan entry data. Karena saking banyaknya data yang harus dientry, saya pernah merasa kehilangan semangat untuk mela...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >