+ -

Pages

Mau Menjadi Dosen atau Pekerja Kantoran?

Terbayang bagi saya bahwa menjadi dosen itu enak. Lebih enak dari pada menjadi guru SD, SMP ataupun SMA. Menurut saya dosen mengajarnya lebih santai, tapi mendalam. Ilmu yang diajarkan adalah ilmu yang khusus, tingkatannya lebih tinggi dan lebih fokus. Pastinya setiap hari kerjaannya adalah mengulang ilmu. Selain itu sedikit demi sedikit memperdalam dan memperluas pengetahuan pada disiplin ilmu yang dimilikinya.

Beda sekali dengan dengan pekerja kantoran. Pekerja kantoran bekerja dengan menerapkan ilmunya pada pekerjaannya. Ia menerapkan ilmu, ini berarti ia mengulang pelajaran lamanya, dan saya rasa ilmu yang diulang hanya sebagian kecil saja. Penambahan ilmu pada disiplin ilmunya saya rasa hanya sedikit dan tidak mendalam.

Apalagi pekerja kantoran yang bidang pekerjaannya berbeda jauh dengan disiplin ilmu yang diterimanya saat kuliah. Ia tentu jarang mengulang dan menambah pengetahuan pada disiplin ilmu yang dimilikinya. Lama-lama tentu ilmu yang dulu dipelajari dengan susah payah sewaktu kuliah hilang termakan waktu. Tapi ini bukan berarti kuliahnya sia-sia. Walaupun tidak sesuai dengan jurusannya, tentu ia sebagai seorang sarjana jauh lebih baik daripada hanya ia sebagai seorang lulusan SMA.

Oiya, ini hanyalah pendapat saya saja yang tidak didasari oleh penelitian ilmiah. Kalau ada yang berminat menelitinya untuk skripsi, silahkan. Dan saya bersedia mengolahkan data penelitiannya. Hehe...
5 Blogger Jambi: Mau Menjadi Dosen atau Pekerja Kantoran? Terbayang bagi saya bahwa menjadi dosen itu enak. Lebih enak dari pada menjadi guru SD, SMP ataupun SMA. Menurut saya dosen mengajarnya lebi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >