+ -

Pages

Sibuk itu Belum Tentu Produktif

Saya sering bilang saya sibuk. Dan hari ini seorang teman saya mengatakan bahwa 'sibuk itu belum tentu produktif', saya pun menjadi meragukan kesibukan saya itu. Saya mulai berpikir apakah kesibukan saya adalah kesibukan yang produktif atau hanya kesibukan yang produktif tapi lambat.

Dari kata-kata kawan saya tadi saya mulai berpikir untuk mengubah setiap rencana dan pemikiran saya. Kalau sebelumnya saya berpikir "apa yang akan saya kerjakan hari ini? " maka sekarang saya akan berpikir "apa yang akan saya hasilkan hari ini?".

Kalau diperhatikan lagi, pemikiran saya sebelumnya lebih mengutamakan proses. Sedangkan pemikiran saya sekarang lebih mengutamakan tujuan (hasil). Sebelumnya saya memang pernah memikirkan hal ini dan saya lebih mengutamakan tujuan (hasil). Tapi ketika dulu saya pernah mendengar pernyataan seseorang yang saya kagumi bahwa proses itu lebih indah dari pada tujuan, akhirnya saya lebih mengutamakan proses daripada hasil (tujuan).

Hari ini saya mencoba menyimpulkan pernyataan teman saya. Bahwa tujuan lebih baik daripada proses. Saya pun selanjutnya mengubah lagi prinsip saya. Dan hari ini saya sangat yakin bahwa tujuan (hasil) lebih baik daripada proses. Dan sesungguhnya saya tidak tahu persis mana yang lebih baik.

Sungguh saya ini berada di dalam kebimbangan.
5 Blogger Jambi: Sibuk itu Belum Tentu Produktif Saya sering bilang saya sibuk. Dan hari ini seorang teman saya mengatakan bahwa 'sibuk itu belum tentu produktif', saya pun menjadi ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >