+ -

Pages

Bertahan Dengan Hasil Karya Sendiri

Dulu waktu pertama kali saya belajar menulis, saya sangat kesulitan dengan apa yang akan saya tulis. Ketika disuruh membuat sebuah tulisan, saya langsung bingung. Saya tidak tahu mau menulis apa? Tentang apa? Dan mulainya dari mana? Alhasil tidak satu pun kalimat yang bisa saya tulis.

Waktu itu saya takut salah. Anehnya saya malah meyakinkan diri bahwa saya tidak bisa menulis dan hasil tulisan yang saya buat pasti salah. Saya pun malu jika nanti tulisan saya dibaca oleh orang lain dan mereka menertawakannya.

Tapi itu dulu. Sekarang setelah sekian lama memaksakan diri untuk berlatih menulis, akhirnya saya bisa menulis. Saya bisa menulis apa saja yang saya mau. Salah atau benar tulisan yang saya buat saya tidak peduli. Kalau benar, itu adalah hal yang bagus. Kalau salah, maka akan saya perbaiki. Jika ditertawakan oleh orang lain, saya cuek saja. :) Saya yakin orang yang pintar dalam hal tulis-menulis tidak akan menertawakannya, malah mendukungnya.

Saya memang belum bisa menulis dengan baik. Tapi saya akan terus berlatih menulis agar bisa lebih baik. Dan jika telah baik, maka akan terus berlatih lagi agar lebih baik lagi. Jadi saya tidak akan mau berhenti menulis.

Saya yakin masih banyak orang yang tidak bisa menulis dibandingkan dengan saya. Buktinya, sangat banyak konten blog yang beredar di internet adalah hasil copy paste. Saya tidak mengerti mengapa ada orang yang mau mengambil tulisan karya orang kemudian menampilkannya di blog mereka. Itu tidak kreatif.

Blog yang isinya copy paste biasanya tidak akan bertahan lama. Kegiatan copy paste adalah kegiatan yang tidak menarik. Oleh karena itu pemilik blog copy paste akan merasa bosan dan akhirnya meninggalkan blog mereka.

Saya lebih suka membuat tulisan hasil karya saya sendiri. Walaupun hasilnya kurang bagus, tapi tulisan itu bukanlah hasil copy paste. Saya terus berusaha agar tulisan di blog saya ini diisi dengan konten hasil karya sendiri. Dan bagi saya, ini adalah kegiatan yang menyenangkan dan saya telah menjadikannya sebagai hobi. Oleh karena itulah blog saya ini bertahan sampai sekarang.
5 Blogger Jambi: Bertahan Dengan Hasil Karya Sendiri Dulu waktu pertama kali saya belajar menulis, saya sangat kesulitan dengan apa yang akan saya tulis. Ketika disuruh membuat sebuah tulisan, ...

1 komentar:

  1. Panda sekarang lebih suka fresh content bro, apalagi yg memiliki keyword unik pasti akan semakin sering dikunjungi. Btw, tetap semangat menulis ya kawan. Trims...

    BalasHapus

< >