+ -

Pages

Suka Menulis Malas Membaca

Ada efek baik dan efek buruk bagi saya yang memaksakan diri untuk rajin menulis. Efek baiknya adalah saya jadi senang menulis. Saya jadi ketagihan dalam menulis meskipun tulisan yang saya hasilkan masih tergolong jelek. Efek buruknya adalah saya menjadi malas membaca.

Kalau disuruh memilih mana yang diinginkan antara menulis dan membaca, maka saya akan memilih untuk menulis. Padahal kebanyakan orang akan memilih untuk membaca karena lebih mudah. Atau mungkin ada yang tidak mau memilih sama sekali. :)

Belakangan ini bagi saya kegiatan menulis adalah kegiatan yang menyenangkan. Dulu waktu awal-awal belajar menulis, saya harus memaksakan diri dulu untuk menulis. Kalau tidak dipaksa tulisan tidak akan jadi. Kalau sekarang keinginan menulis sangat tinggi. Tanpa ada pemaksaan, saya siap untuk menulis.

Namun, yang saya sukai adalah menulis tulisan yang 'ringan-ringan' saja. Kalau tulisan yang 'berat-berat' saya tidak mau. Soalnya menulis tulisan yang 'berat' membutuhkan banyak waktu. Untuk membuatnya harus mengumpulkan referensi-referensi terlebih dahulu. Setelah terkumpul kemudian harus dibaca kemudian baru menulis. Bagi saya ini membosankan.

Tapi suatu saat saya akan memaksakan diri untuk menulis tulisan yang 'berat'. Dan jika nanti saya terus memaksakan diri untuk menulis tulisan yang 'berat' mungkin kegiatan ini juga akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. :)
5 Blogger Jambi: Suka Menulis Malas Membaca Ada efek baik dan efek buruk bagi saya yang memaksakan diri untuk rajin menulis. Efek baiknya adalah saya jadi senang menulis. Saya jadi ket...

1 komentar:

  1. Seperti kata pepatah,
    bersakit2 dahulu,
    bersenang2 kemudian.

    BalasHapus

< >