+ -

Pages

Cara Mudah Membuat Toko Online

Pada posting sebelumnya, saya menulis tentang susahnya membuat toko online. Sekarang saya menulis cara mudah membuat toko online. Sebenarnya ini bukan cara mudah, tapi cara yang lebih mudah dari cara yang susah-susah. Bagaimanapun membuat dan mengembangkan toko online tetap saja pekerjaan yang susah. Susahnya bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya tadi. Tapi karena ini namanya usaha, maka kita harus sabar dan pantang menyerah mengembangkannya. Ini demi sesuap nasi dan kehidupan yang lebih baik.

Cara mudah yang saya maksud adalah dengan membuat dan mengembangkan toko online melalui media sosial. Media sosial yang sebaiknya digunakan adalah facebook. Facebook lebih populer dari pada media sosial lainnya. Saya yakin hampir semua teman Anda sudah memiliki akun facebook.

Saya lihat ada beberapa teman yang mempromosikan dan menjual produk mereka melalui facebook. Mereka menjual baju, tas, sepatu, jam tangan dan lain-lain. Saya kurang tahu apakah mereka sukses atau tidak (saya juga kurang tahu apa ukuran sukses). Yang jelas sampai sekarang saya lihat mereka masih bertahan mempromosikan produk mereka.

Menjual melalui facebook menurut saya adalah cara yang lebih baik. Di facebook kita memperkenalkan produk-produk dan meng-upload foto produk tersebut. Selanjutnya tinggal meyakinkan calon pembeli.

Meyakinkan calon pembeli tidak terlalu sulit karena calon pembeli adalah teman-teman kita sendiri. Sebagai teman, masak mereka tidak percaya kepada kita. Jadi selanjutnya tinggal meyakinkan pentingnya barang yang akan kita jual untuk mereka.

Dalam memperkenalkan produk kepada teman-teman, kita harus sabar. Biasanya teman-teman sering menanyakan 'ini' dan 'itu' mengenai produk yang akan kita jual. Tapi akhirnya mereka tidak jadi membelinya.

Di facebook jumlah teman dibatasi, kalau tidak salah hanya 5000 teman. Dari 5000 teman itu pun mungkin sudah banyak juga yang tidak atau kurang aktif.

Solusi kalau teman sudah melebihi 5000 adalah dengan membuat halaman fan page. Namun dalam mengembangkan halaman fan page ini biasanya lebih sulit daripada mengembangkan profil pribadi. Tapi walaupun sulit bukan berarti tidak bisa. Yang penting harus ada kemauan dan usaha.

Dari tulisan saya ini bisa disimpulkan begini. Kembangkan dulu toko online melalui profil pribadi, kemudian bisa dilanjutkan dengan membuat halaman fan page. Setelah itu baru membuat websitenya.
5 Blogger Jambi: Cara Mudah Membuat Toko Online Pada posting sebelumnya, saya menulis tentang susahnya membuat toko online . Sekarang saya menulis cara mudah membuat toko online . Sebenarn...

1 komentar:

  1. rasanya penjelasannya lebih mirip cara buat lapak online daripada toko online. karena well, memakai facebook

    BalasHapus

< >