+ -

Pages

Keuntungan Kuliah di Belanda

Dua hari yang lalu saya sempat chatting dengan seorang teman yang sedang mengambil kuliah S2 di Belanda. Dari hasil chatting, saya baru mengetahui bahwa kalau kuliah di sana maka kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Waktunya dari hari Senin sampai Jumat digunakan untuk fokus pada kuliah dan mengerjakan tugas-tugas kuliah. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu digunakan untuk liburan. Jadi tidak ada waktu yang digunakan untuk kombinasi antara keduanya. Kalau kuliah ya harus kuliah pada waktu kuliah, kalau liburan ya harus liburan pada waktu liburan.

Yang sangat menarik buat saya dari dia adalah selama kuliah di sana dia harus membuat paper setiap hari sepanjang 2.000 kata. Kemudian di jam kuliah paper tersebut harus dipresentasikan seminggu sekali. Kadang-kadang sampai 5 paper yang harus dibuat setiap hari. Sungguh kegiatan ini adalah kegiatan yang mampu meningkatkan kualitas diri.

Beda sekali dengan saya yang hanya menulis hal-hal yang biasa saja setiap hari. Saya hanya menulis hal-hal yang kurang bermanfaat. Jadi tidak mungkin dipresentasikan. Kalau mau dipresentasikan, itu juga sama siapa? :)
5 Blogger Jambi: Keuntungan Kuliah di Belanda Dua hari yang lalu saya sempat chatting dengan seorang teman yang sedang mengambil kuliah S2 di Belanda. Dari hasil chatting, saya baru meng...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >