+ -

Pages

Masalah Kelebihan Berat Badan

Saya lupa, kalau tidak salah saya pernah membahas tentang masalah kelebihan berat badan sebelumnya. Tapi biarlah saya tulis ulang lagi. Soalnya saya tidak punya ide lagi untuk menulis masalah yang lain. Dan semoga tulisan kali ini ada bedanya dengan tulisan yang terdahulu, minimal ada sedikit tambahan informasi.

Kelebihan berat badan disebabkan karena energi yang kita gunakan lebih sedikit dibandingkan energi yang masuk. Energi yang masuk paling utama bersumber dari karbohidrat yang kita konsumsi. Karbohidrat yang berlebih dan tidak berubah menjadi energi akan berubah menjadi lemak. Lemak akan tertimbun di bagian tubuh yang jarang digerakkan seperti perut. Akibatnya perut menjadi membesar.

Menurut pengalaman saya, cara mengatasi masalah kelebihan berat badan tidak hanya dengan sekedar diet. Selain diet kita membutuhkan olahraga. Kalau diet tanpa olahraga, maka kita hanya mendapati badan menjadi terasa lemas, sedangkan perut tetap saja membesar.

Pembakaran lemak menjadi energi lebih sulit daripada pembakaran karbohidrat menjadi energi. Ketika berolahraga, karbohidrat mengalami pembakaran terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan pembakaran lemak ketika pembakaran karbohidrat telah selesai. Jadi kalau ingin membakar lemak, maka kita perlu olahraga yang agak berlebih agar olahraga kita tidak tidak hanya membakar karbohidrat saja.

Jadi dalam mengurangi berat badan, diet dan olahraga tidak bisa dipisahkan. Keduanya harus diduetkan.
5 Blogger Jambi: Masalah Kelebihan Berat Badan Saya lupa, kalau tidak salah saya pernah membahas tentang masalah kelebihan berat badan sebelumnya. Tapi biarlah saya tulis ulang lagi. Soal...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >