+ -

Pages

Mempertahankan Jumlah Pengunjung Blog

Berdasarkan pengamatan saya, posisi posting blog saya di mesin pencari Google semakin lama semakin melemah. Kehadiran berbagai posting baru dengan tema sejenis oleh blog-blog lain terus membuat posisi posting blog saya di halaman mesin pencari terus merosot. Apalagi ketika blog saya jarang di-update, posisinya lebih cepat merosot daripada biasanya. Akibatnya jumlah pengunjung juga merosot.

Menurut saya, untuk mempertahankan jumlah pengunjung blog agar tidak merosot, maka kita harus mengusahakan agar pengunjung berputar-putar di blog yang kita punya. Caranya adalah dengan membuat posting yang bersambung, atau dengan membuat posting yang berhubungan antara posting satu dengan posting yang lain. Selanjutnya membuat link-link terkait ke sesama posting yang berhubungan tersebut.

Ketika membaca salah satu posting yang menarik, pengunjung yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak informasi yang lain, maka mereka akan mengklik link-link terkait tersebut. Dengan begitu, pengunjung akan berputar-putar di blog tersebut. Semakin banyak posting yang berhubungan (membahas tema yang sama) maka akan semakin baik karena waktu yang mereka gunakan untuk berputar-putar akan semakin panjang.

Dengan banyaknya pengunjung yang berputar-putar di blog, maka jumlah page preview akan semakin meningkat. Biasanya posisi blog yang page preview-nya tinggi akan menempati posisi teratas mesin pencari Google, selain itu juga akan memiliki pagerank yang tinggi. Oleh karena itu, jumlah pengunjung blog tersebut tidak akan turun, tapi malah akan semakin meningkat jika di-update terus dengan posting-posting yang bertema sama.

Jadi mulai sekarang berpikirlah untuk membuat posting yang menarik dan bersambung atau saling berhubungan. Dan jangan lupa membuat link yang terkait untuk mempermudah pengunjung berputar-putar di blog tersebut.
5 Blogger Jambi: Mempertahankan Jumlah Pengunjung Blog Berdasarkan pengamatan saya, posisi posting blog saya di mesin pencari Google semakin lama semakin melemah. Kehadiran berbagai posting baru ...

3 komentar:

  1. Komen saya atas posting di atas: bisa ya, bisa pula tidak. Kalau hemat saya, ketika ngeblog, kesampingkan dulu soal apakah konten yang dibuatnya menuai pembaca. Update rutin dan memanjakan pengguna internet dengan konten bermanfaat serta memiliki relevansi tinggi, adalah kunci utamanya.


    Jika kunci utama sudah kita pegang dan kuasai, sebagai tuan rumah niscaya kita akan kedatangan tamu. Baik itu diundang maupun tidak diundang. Hehehehe.

    BalasHapus
  2. terimakasih atas masukannya mas..

    BalasHapus
  3. Tipsnya mantap Gan.... Blog saya, pengunjungnya sedang turun bahkan terjun bebas. Nilai pageranknya dulu pernah satu sekarang enol, pengunjung cuma sktar seratus/hari. kemungkinan bulan2 terakhir ini saya jarang nulis-nulis artikel.
    Turunnya pengunjung sekarang apakah sedang tren atau sedang ada fenomena turun...he. Tips jaelangkung sip itu, datang tak di undang pergi tak diantar.

    BalasHapus

< >