+ -

Pages

Susahnya Membuat Toko Online

Membuat website untuk toko online sih gampang. Tinggal cari saja tutorialnya di internet, maka akan banyak blog yang menyajikan informasi tentang 'cara cepat dan gampang membuat toko online'. Malah ada yang menyajikan dalam bentuk ebook. Bukunya juga ada yang dijual di toko buku. Selanjutnya tinggal ikuti tutorialnya. Selesai. Maka jadilah toko online.

Yang susah adalah mencari produk yang akan dijual di toko online. Mungkin mikirin produk yang akan dijual tidak terlalu lama. Terus kalau misalnya produknya sudah ketemu maka harus dipikirkan bagaimana cara optimasi website agar banyak dikunjungi. Kalau pengunjung website toko online banyak tentu pembeli juga banyak.

Banyaknya pembeli juga didukung oleh kepercayaan calon pembeli kepada penjual (admin toko online) dan produk yang akan dijualnya. Maklum, para calon pembeli online di Indonesia kan masih belum terlalu yakin kalau penjual online bisa dipercaya atau tidak, dan barang yang dijual berkualitas atau tidak. Jadi kalau masih baru buka lapak, jangan harap calon pembeli bisa langsung percaya.

Kebiasaan calon pembeli adalah mencari-cari dulu barang yang akan dibeli melalui internet, kemudian setelah ketemu dan memeriksa spesifikasinya kemudian mereka membelinya di pasar, bukan di toko online.

Kalau dipikir-pikir lagi, kebiasaan tersebut sama dengan kebiasaan saya. :) Prinsip saya, harus ada barang dulu, baru ada uang, bukan sebaliknya. Jadi kirim dulu barangnya, kalau barangnya sudah sampai baru dibayar. Kalau dibayar dulu, takutnya barangnya tidak sampai-sampai. Kalau saya tidak yakin barangnya akan sampai, ngapain saya harus beli barang lewat internet. Kecuali kalau barang yang akan dibeli memang susah atau tidak dijual di pasar dekat rumah. Maka 'terpaksa' harus beli online. Sekali lagi terpaksa.

Kalau banyak calon pembeli yang berpikiran seperti saya ini, maka yang harus dijual adalah barang yang jarang beredar di pasaran.

Hmm.. Kira-kira barangnya apa ya??
5 Blogger Jambi: Susahnya Membuat Toko Online Membuat website untuk toko online sih gampang. Tinggal cari saja tutorialnya di internet, maka akan banyak blog yang menyajikan informasi t...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >