+ -

Pages

Bertindak Sebelum Rencana

Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, biasanya saya memikirkan dulu rencana pengerjaan pekerjaan tersebut. Bagaimana jadwal pelaksanaannya, apa yang akan dicapai dan bagaimana cara mencapainya akan masuk ke dalam rencana yang akan saya buat.

Tapi saya sering dapat masalah untuk hal ini. Masalahnya adalah saya tidak bisa membuat rencana dengan cepat. Sedangkan waktu pengerjaan terus berjalan dan kadang semakin mepet dengan deadline. Pada akhirnya karena memikirkan deadline, rencana tidak pernah jadi dan pekerjaan tersebut dikerjakan dengan tergesa-gesa hingga akhir pelaksanaannya. Kalau sudah begini biasanya hasil pekerjaan menjadi kurang bagus.

Kebiasaan yang seperti ini alangkah baiknya diperbaiki dengan mendisiplinkan diri. Tapi bisa saja pada suatu kondisi tertentu saya mendapati jadwal sudah dimulai tapi saya belum juga bisa membuat rencana. Dan saya pikir, pada kondisi tersebut alangkah baiknya saya kerjakan dulu pekerjaan tersebut walaupun tidak terencana. Artinya melangkah ke tujuan dulu walaupun jalan belum kelihatan sedikitpun.

Kalau sudah melangkah, sedikit demi sedikit jalan akan mulai kelihatan dan saya bisa melangkah pada jalan yang lebih tepat. Kalau ternyata jalan yang saya tempuh ternyata salah maka saya bisa balik lagi ke awal untuk memulai langkah baru.

Ini mungkin lebih baik daripada tidak pernah melangkah karena terlalu banyak berpikir. Tidak pernah melangkah akan membuat saya tidak pernah tahu ada sebuah jalan yang tidak kelihatan di balik bukit. Dengan melangkah terlebih dahulu maka saya bisa melihat dunia lebih luas sehingga bisa membuat rencana lebih matang.

Cara ini hanya bisa diterapkan pada kondisi tertentu. Pada kondisi yang lain mungkin saya harus memikirkan cara lain. Kalau cara ini dipaksa untuk digunakan mungkin malah membuat kerugian yang amat besar. Seperti kata Albert Einstein:

Suatu permasalahan tidak dapat dipecahkan dengan suatu pemikiran yang tercipta, ketika permasalahan itu terjadi.
5 Blogger Jambi: Bertindak Sebelum Rencana Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, biasanya saya memikirkan dulu rencana pengerjaan pekerjaan tersebut. Bagaimana jadwal pelaksanaannya, apa...

1 komentar:

  1. kadang sesuatu yang ga di rencanakan memiliki hasil yang lebih baik :)

    BalasHapus

< >