+ -

Pages

Kapan Harus Memulai?

Saya sering sekali menentukan target memulai sebuah kegiatan atau pekerjaan. Misalnya saya menentukan target akan memulai jadwal olahraga pada hari Senin. Setelah hari Senin tiba ternyata rasa malas saya muncul, yang akhirnya hari Senin itu lewat begitu saja tanpa saya berolahraga.

Kemudian saya pasang target lagi, yaitu saya akan memulai olahraga pada hari Senin depannya. Setelah hari Senin depan tiba, ternyata hasilnya sama saja. Hari itu pun lewat tanpa berolahraga.

Hal semacam ini sering saya alami pada kegiatan-kegiatan saya yang lain. Misalnya saya akan mengerjakan pekerjaan kantor. Pada hari ini saya ingin pekerjaan kantor saya dikerjakan esok hari saja, karena tanggung jam kerja hari ini tinggal sedikit. Besoknya saya beralasan lagi kalau pelaksanaannya dilaksanakan besoknya lagi karena pada hari itu situasinya tidak pas.

Alhasil pengerjaannya dimulai setelah mendekati jadwal deadline. Setelah pekerjaan tersebut saya kerjakan, selesainya memang tidak melewati deadline, tapi pengerjaan pekerjaan itu yang tidak mengenakkan. Yaitu harus dilakukan dengan sedikit terburu-buru dan ditambah dengan sedikit lembur.

Setelah saya pikir-pikir lagi, untuk pelaksanaan suatu kegiatan ataupun pekerjaan maka menurut saya jadwal mulainya tidak usah ditetapkan. Kalau ditetapkan malah seperti kita mengundur-undur waktu pelaksanaan.

Jadi solusinya adalah kerjakan saja kegiatan atau pekerjaan kita mulai dari sekarang. Mulainya tidak usah ditetapkan dan tidak usah diundur-undur. Sekarang juga harus dimulai, titik. Kalau diundur-undur malah membuat kita semakin malas. Dan malas itu harus dilawan dengan melaksanakannya sekarang juga.
5 Blogger Jambi: Kapan Harus Memulai? Saya sering sekali menentukan target memulai sebuah kegiatan atau pekerjaan. Misalnya saya menentukan target akan memulai jadwal olahraga pa...

2 komentar:

  1. Saya selalu tertarik dengan artikel bertemakan pengembangan diri. Menurut saya, memulai sesuatu itu adalah titik tersulit. Entah mengapa hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan. Skripsi saya sudah 1 tahun nganggur. Susah untuk memulainya...

    BalasHapus
  2. Kata AA Gym, untuk memulainya kita perlu 3M. Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, dan mulai dari sekarang. Ingat-ingat aja itu terus dan laksanakan.

    Semoga skripsinya cepat kelar, bro...

    BalasHapus

< >