+ -

Pages

Kinerja Individu dan Kelompok

Saya sering memperhatikan, dalam suatu pekerjaan adakalanya satu orang pekerja (individu) dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik daripada sekelompok orang. Satu orang tersebut adalah seorang yang cemerlang yang memiliki kinerja yang sangat baik. Sedangkan sekelompok orang tandingannya adalah kumpulan orang (individu) yang individu-individunya tersebut memiliki kinerja yang sedang, baik atau sangat baik, namun secara kelompok kinerja kelompok tersebut berkinerja sedang.

Individu yang bekerja sendirian bekerja di bawah komandonya sendiri sehingga ia dapat mengeksploitasi kemampuannya. Alhasil kinerjanya sangat baik. Ia bisa dengan dengan mudah mengeluarkan ide-idenya yang cemerlang sesuai keinginannya sendiri dan menjalankan ide-idenya tersebut tanpa ada yang menghalanginya.

Sedangkan pada suatu kelompok, ada sebagian individu di dalamnya tidak dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya karena adanya penghalang dari individu yang lain dalam kelompok tersebut. Kadang ada pula individu yang menggunakan kelompok sebagai tempat melarikan diri dari tanggung jawab. Akibatnya kelompok tersebut berkinerja sedang.
5 Blogger Jambi: Kinerja Individu dan Kelompok Saya sering memperhatikan, dalam suatu pekerjaan adakalanya satu orang pekerja (individu) dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik daripada ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >