+ -

Pages

Perbaiki Saja Diri Sendiri

Ada sifat yang agak aneh dari diri saya ini. Yaitu sering mengurusi sifat orang lain. Saya perhatikan banyak juga orang-orang di sekitar saya yang punya sifat seperti ini. Entah ini bawaan atau sebuah sifat menular, saya juga tidak tahu.

Sifat ini menginginkan saya agar orang lain di sekeliling saya memiliki kebiasaan sesuai dengan keinginan saya. Maksudnya agar kebiasaan, sifat dan watak mereka menjadi lebih baik dan prilaku buruk mereka bisa berubah.

Saya tidak tahu ini baik atau tidak. Yang jelas ini adalah hal yang bodoh dan konyol. Entah mengapa sifat seperti itu muncul pada diri saya. Padahal saya tahu bahwa kebiasaan, sifat dan watak orang lain tidak akan mungkin bisa saya ubah. Kebiasaan saya sendiri saja sulit bagi saya untuk mengubahnya, apalagi mau mengubah kebiasaan orang lain. Sesuatu yang mustahil.

Seharusnya yang harus saya ubah adalah diri saya sendiri. Saya harus mencamkan dalam pikiran saya ini bahwa sedikitpun saya tak akan pernah bisa mengubah kebiasaan, sifat dan watak orang lain. Yang bisa saya ubah adalah kebiasaan, sifat dan watak diri saya sendiri. Jadi buat apalagi menyibukkan diri sendiri dengan kebiasaan orang lain. Sibukkan saja diri sendiri dengan terus memperbaiki diri.

Memang kita tidak akan pernah sempurna, tapi selalu memperbaiki diri untuk menuju kesempurnaan adalah hal yang wajib. Dan biarkan saya orang lain memperbaiki dirinya sendiri, karena hanya diri mereka sendirilah yang tahu mana yang salah yang harus mereka perbaiki.
5 Blogger Jambi: Perbaiki Saja Diri Sendiri Ada sifat yang agak aneh dari diri saya ini. Yaitu sering mengurusi sifat orang lain. Saya perhatikan banyak juga orang-orang di sekitar say...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >