+ -

Pages

Tabungan Yang Tak Berbunga

Ketika saya masih duduk di Sekolah Dasar (SD), guru mengajarkan kami (muridnya) agar rajin menabung di bank. Katanya keuntungan menabung di bank salah satunya adalah tabungan kita akan berbunga. Jadi kalau misalkan bunga bank setahun adalah 10 persen maka tabungan kita di akhir tahun akan bertambah 10 persen dari total tabungan. Begitulah hitungan matematika sederhana yang diajarkan.

Sekarang ini saya memiliki tabungan di bank. Bunganya sekitar 6-7 persen per tahun. Memang bunganya dihitung setiap bulan. Tapi masalahnya uang tabungan tersebut harus dipotong untuk biaya administrasi dan biaya lain-lainnya yang banyak jenisnya. Pemotongannya dilakukan setiap bulan. Karena tabungan saya tidak terlalu besar maka bunga yang 6-7 persen tadi akhirnya tidak sanggup menutupi biaya administrasi dan biaya lain-lainnya tadi. Alhasil tabungan saya justru berkurang, bukan bertambah.

Saya tidak tahu mengapa guru dulu menganjurkan untuk menabung di bank. Kalau masalah keamanan, di bank memang aman. Tapi kalau pernyataan "keuntungan menabung di bank adalah akan mendapatkan bunga" sepertinya sudah tidak cocok lagi untuk diajarkan. Saya kurang tahu apakah kondisi bank tempo dulu dengan bank sekarang berbeda sehingga guru menjelaskan hal seperti itu.

Setelah kuliah, baru juga saya tahu kalau menabung dalam bentuk uang malah tidak menguntungkan. Soalnya ada istilah inflasi yang dulu waktu SMA kurang saya pahami.

Kalau hitung-hitungan matematika sederhana tentang inflasi adalah begini. Kalau misalnya kita menyimpan uang di bank sebesar 1 juta rupiah dengan tingkat inflasi 7 persen per tahun, maka uang kita setelah satu tahun secara nominal tidak akan berubah yaitu tetap sebesar 1 juta rupiah. Tapi jika dikaji lebih dalam, sebenarnya nilai uang tersebut sudah berkurang sebesar 7 persen. Kekurangan tersebut memang tidak kelihatan. Kalau dirasakan selama setahun juga kurang terasa. Tapi kalau dirasakan setelah 3 sampai 5 tahun maka kekurangannya akan sangat terasa.

Coba bandingkan saja uang seribu rupiah hari ini dengan uang seribu rupiah sepuluh tahun yang lalu. Nilainya terasa jauh berbeda bukan? Ini adalah bentuk dari adanya inflasi.
5 Blogger Jambi: Tabungan Yang Tak Berbunga Ketika saya masih duduk di Sekolah Dasar (SD), guru mengajarkan kami (muridnya) agar rajin menabung di bank. Katanya keuntungan menabung di ...

4 komentar:

  1. waduh klo begini kita yang terzolimi karena mengambil uang tanpa izin dari kita...

    BalasHapus
  2. tapi itu udah peraturan dari bank, dan kita sudah setuju ketika pertama kali buka rekening di bank tersebut.

    BalasHapus
  3. mending dituker jadi emas . Sebuah investasi juga

    BalasHapus
  4. betul, pilihan yang cerdas. emas tidak pernah termakan inflasi.

    BalasHapus

< >