+ -

Pages

Pengaruh Blog Walking Terhadap Statistik Komentar

Jika saya sering pergi blog walking, maka jumlah pengunjung blog saya tidak mengalami peningkatan yang berarti. Tapi jumlah komentar blog menjadi meningkat drastis. Sebaliknya kalau saya jarang pergi blog walking maka pengunjung tidak mengalami penurunan yang berarti, tapi jumlah komentar langsung turun drastis.

Pengunjung yang memberikan komentar ada 2 macam. Pertama, pengunjung yang tidak memiliki blog (bukan blogger). Mereka biasanya memberikan komentar pada posting tentang tutorial, tips dan trik. Mereka datang melalui mesin pencari. Tujuan mereka ingin bertanya dan mengucapkan terimakasih pada info yang telah disampaikan.

Kedua, pengunjung yang memiliki blog (blogger). Mereka memberikan komentar pada posting-posting terbaru dan posting tentang pendapat-pendapat saya. Mereka datang dari hasil blog walking saya dan sebagian kecil dari mesin pencari. Tujuan mereka datang cuma ingin agar saya berkunjung balik ke blog mereka atau ingin menjalin pertemanan sesama blogger. Ada juga yang hanya sekedar mendapatkan backlink. Biasanya yang terakhir ini, isi komentar mereka cukup singkat, seperti: "nice info, gan", " thanks infonya, bro".

Komentar lebih banyak datang dari para blogger daripada yang bukan blogger. Penyebabnya adalah blog saya bukan blog tutorial sehingga mereka yang bukan blogger tidak banyak yang mereka tanyakan karena tidak ada juga yang akan ditanyakan. Sementara itu buat mereka yang memiliki blog, memberikan komentar merupakan bagian dari kegiatan blogger sehingga mereka memberikan komentar sebagai jejak kegiatan blogger.

Jika ingin komentar blog meningkat, maka pergi saja blog walking sesering mungkin. Biasanya seorang blogger suka balik berkunjung jika blognya di komentari oleh blogger lain. Kemudian jangan terlalu berharap akan mendapatkan banyak komentar dari pengunjung yang bukan blogger. Mereka malas memberikan komentar jika tidak ada keperluan.
5 Blogger Jambi: Pengaruh Blog Walking Terhadap Statistik Komentar Jika saya sering pergi blog walking , maka jumlah pengunjung blog saya tidak mengalami peningkatan yang berarti. Tapi jumlah komentar blog m...

2 komentar:

  1. setuju, mau tidak mau memang pengunjung blog yang berkomentar banyak yang minta untuk di komentari dulu. hehe.

    BalasHapus
  2. “nice info, gan” hahaha !! jadi malu nih !!

    BalasHapus

< >