+ -

Pages

Penggunaan Kata "Saya" dan "Aku"

Dalam tulisan-tulisan di blog ini, saya lebih banyak menggunakan kata "saya" daripada "aku". Alasannya sederhana yaitu agar kata-kata dalam tulisan-tulisan tersebut konsisten. Kalau mau menggunakan kata "saya", maka pakai saja "saya" terus. Kalau mau menggunakan kata "aku" maka gunakan "aku" terus. Jangan mentang-mentang artinya sama maka penempatan katanya sembarangan saja.

Selain itu menurut saya, kata "saya" lebih banyak digunakan untuk tulisan yang bahasanya datar-datar saja, seperti tulisan-tulisan saya di blog ini. Sedangkan kata "aku" lebih banyak digunakan untuk tulisan sastra yang maknanya dalam.

Chairil Anwar menggunakan kata "Aku" sebagai judul puisinya. Coba dalam puisi tersebut kita tukar semua kata "aku" dengan kata "saya". Rasanya bahasa puisi tersebut menjadi kurang tajam lagi.

Saya tidak bisa menulis bahasa-bahasa sastra, oleh karena itu saya lebih suka menggunakan kata "saya" daripada kata "aku".

Saat ini memang belum saatnya saya menggunakan kata "aku". Tunggu saja sampai suatu saat saya menulis sastra, maka akan saya gunakan kata "aku".

Semoga.
5 Blogger Jambi: Penggunaan Kata "Saya" dan "Aku" Dalam tulisan-tulisan di blog ini, saya lebih banyak menggunakan kata "saya" daripada "aku". Alasannya sederhana yaitu a...

2 komentar:

  1. hmm penggunaan " saya " juga terasa lebih humanis dan mendekat kepada pembaca ketimbang " Aku " yang terasa lebih ekspos pribadi

    salam blogger

    BalasHapus
  2. Setuju dengan Uda Zami..

    Salam Blogger.

    BalasHapus

< >