+ -

Pages

Kata Kunci dan Kemudahan Menulis

Buat saya ada hubungan antara kata kunci pada judul dan kemudahan menulis. Jika sebuah kata kunci kuat (banyak dicari pengunjung) maka saya akan kesulitan membuat tulisannya. Sedangkan jika kata kunci lemah (jarang dicari pengunjung) maka saya lebih mudah membuat tulisannya. Kondisi seperti ini mengharuskan saya memilih di antara dua tipe tulisan tersebut. Mau menulis tulisan yang memiliki kata kunci kuat atau menulis menggunakan kata kunci yang lemah?

Saya sudah mempertimbangkan hal tersebut. Saya lebih memilih menulis dengan kata kunci yang lemah. Alasan utamanya kembali ke awal ketika pertama kali saya menulis di blog ini. Apa tujuan saya menulis?

Saya menulis untuk belajar menulis dan berlatih menulis. Bukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog ini. Untuk mempermudah menulis tentu saya memilih untuk menulis tulisan yang materinya saya kuasai. Kalau materinya tidak saya kuasai, tentu akan memberatkan saya saja karena saya harus mempelajari materinya terlebih dahulu. Hasilnya tentu kegiatan belajar menulis saya menjadi tertunda. Bisa juga saya tidak jadi menulis jika materinya tidak juga kunjung saya kuasai.

Kata kunci yang lemah biasanya materinya lebih saya kuasai. Sedangkan kata kunci yang kuat materinya kurang saya kuasai. Jadi materi pada kata kunci yang lemah menjadi modal awal buat saya untuk belajar menulis.

Saya akui kadang saya menulis dengan tujuan yang melenceng dari tujuan utama saya. Yaitu ketika jumlah pengunjung blog ini tidak juga naik, sehingga kemudian saya meningkatkannya dengan menulis tulisan yang memiliki kata kunci yang kuat. Hasilnya memang jumlah pengunjung mengalami kenaikan. Tapi kualitas tulisan yang saya buat kurang berkualitas karena saya tidak menguasai materi tulisan tersebut.

Ketika tujuan saya melenceng, saya sadar bahwa saya harus kembali dan tidak boleh melenceng terlalu jauh lagi agar saya tidak kesulitan untuk kembali. Saya harus bersabar karena saya yakin bahwa suatu saat saya pasti bisa menulis tulisan yang memiliki kata kunci yang kuat dengan hasil tulisan yang sangat berkualitas. Tapi sayang ketika tulisan tersebut berhasil saya buat, saya tidak akan menerbitkannya di blog ini. Sebab tempat tulisan tersebut bukan di blog ini.
5 Blogger Jambi: Kata Kunci dan Kemudahan Menulis Buat saya ada hubungan antara kata kunci pada judul dan kemudahan menulis. Jika sebuah kata kunci kuat (banyak dicari pengunjung) maka saya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >