+ -

Pages

Pembicaraan Bijak

Obrolan-obrolan santai bisa saja akhirnya menimbulkan perkelahian dan permusuhan di antara mereka yang mengobrol di dalamnya. Minimal mereka akhirnya bisa memendam rasa tidak suka, direndahkan, dendam dan berbagai macam penyakit hati lainnya.

Penyebabnya biasanya adalah hal yang sepele. Misalnya yang paling banyak adalah tidak mau menghargai pendapat orang lain. Perbedaan pendapat tersebut sebenarnya adalah hal yang biasa karena setiap orang memiliki isi kepala yang berbeda-beda sehingga pendapat mereka juga berbeda-beda. Jika perbedaan ini tidak disikapi dengan bijak maka akan terjadilah hal-hal yang tidak diinginkan di atas.

Jika orang-orang yang mengobrol adalah orang-orang yang keras kepala, maka permasalahan karena perbedaan pendapat akan sangat mudah terjadi. Orang yang keras kepala biasanya adalah orang yang tidak mau menerima ilmu baru, merasa paling benar dan menganggap bodoh orang lain sehingga orang lain selalu dianggap salah.

Jika orang yang mengobrol adalah orang yang bijak maka perbedaan pendapat merupakan hal yang mereka yang inginkan. Sebab mereka akan mencari pendapat yang terbaik di antara berbagai macam pendapat yang muncul. Selanjutnya pendapat yang terbaik tersebutlah yang akan mereka pertahankan.

Perbedaan pendapat bisa menyebabkan situasi memanas. Ketika itu, mereka yang ada di dalamnya akan saling berbantah-bantahan dan saling menyalahkan. Tidak ada keharmonisan lagi di dalamnya.

Situasi tersebut harus secepatnya dihindari agar tidak terjadi permusuhan. Menghindari harus dilakukan sebelum situasi memanas. Jika tanda-tanda situasi tidak baik muncul, maka pembicaraan harus secepatnya dihentikan. Harus ada salah seorang yang mampu menghentikannya. Dan orang yang bisa melakukannya itu adalah orang yang bijak. Bukan orang yang keras kepala.
5 Blogger Jambi: Pembicaraan Bijak Obrolan-obrolan santai bisa saja akhirnya menimbulkan perkelahian dan permusuhan di antara mereka yang mengobrol di dalamnya. Minimal mereka...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >