+ -

Pages

Agar Blog Bertahan Lama Di Internet

Dua hari yang lalu saya mampir ke toko buku untuk sekedar menengok buku-buku motivasi yang menarik yang kira-kira bisa saya beli. Sebelum pulang saya sempatkan juga melihat buku-buku kategori internet. Pada rak buku kategori internet, cukup banyak saya temukan buku tentang membuat blog, mempercantik blog dan teori-teori tentang blog lainnya.

Walaupun banyak buku yang membahas tentang blog, tapi saya menganggap masih ada buku yang kurang di sana. Buku yang kurang tersebut adalah buku tentang "Cara Mengurus Blog". Buku tentang "Cara Mengurus Blog"selalu saya tunggu-tunggu kehadirannya. Namun, sampai sekarang buku tersebut belum juga saya temukan. Apakah buku tersebut belum saatnya terbit atau belum ada pengarang yang menulisnya, saya juga tidak tahu.

Saya pikir membuat blog sangatlah gampang dan mempercantik blog juga sangat mudah. Tetapi mempertahankan blog agar bertahan lebih lama di dunia maya tidak semudah yang dibayangkan. Coba perhatikan blog-blog yang beredar di internet. Kebanyakan blog tersebut tidak terurus dan jarang di-update. Kebanyakan blogger setelah membuat blog, blognya diisi dengan satu atau dua posting. Setelah itu blog tersebut tidak pernah ia perhatikan lagi. Tidak ada program jangka panjang untuk blog tersebut.

Saya tidak banyak tahu tentang cara mengurus blog. Namun, saya punya satu cara jitu untuk mengurus blog. Menurut saya cara yang saya punya ini sangat manjur agar blog bisa awet di dunia maya. Caranya adalah dengan membuat satu blog kemudian meng-update blog tersebut secara berkala (setiap hari, sekali dua hari, sekali seminggu atau sekali sebulan). Saya telah menerapkan cara tersebut dengan membuat posting setiap hari. Hasilnya blog saya mampu bertahan sampai sekarang dan kualitasnya semakin baik.

Ada 3 pantangan dalam menerapkan cara ini dan pantangan tersebut wajib dihindari. Pertama, jangan sesekali membuat blog kedua. Sebab jika blog kedua dibuat maka bersiap-siaplah untuk mendapati bahwa kedua blog akan terbengkalai. Dengan adanya blog kedua maka akan membuat pikiran pemilik blog (blogger) bercabang. Dengan begitu kedua blog pasti akan lebih sulit untuk diurus.

Kedua, jangan pernah terlambat meng-update blog. Sebab jika sekali saja terlambat maka akan membuat pemiliknya menjadi malas. Jika hal ini terjadi, maka update blog secepatnya. Kuatkanlah diri melawan kemalasan.

Ketiga, tidak usah mempercantik blog dengan menggonta-ganti tema. Banyak orang yang salah menilai bahwa blog yang cantik adalah blog yang tampilannya indah dan menarik. Bagi saya tidak begitu, saya yakin bahwa blog yang cantik dan menarik adalah blog yang mengandung banyak posting yang berguna bagi pengunjung. Semakin banyak posting yang berguna maka akan semakin cantik dan semakin menariklah blog tersebut.
5 Blogger Jambi: Agar Blog Bertahan Lama Di Internet Dua hari yang lalu saya mampir ke toko buku untuk sekedar menengok buku-buku motivasi yang menarik yang kira-kira bisa saya beli. Sebelum pu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >