+ -

Pages

Menampilkan Satu Kategori Pada Blog Wordpress

Blog bersifat dinamis. Setiap update terbaru akan ditampilkan pada halaman pertama dan terletak di bagian paling atas. Lama-kelamaan setelah update terbaru yang lain muncul maka posisi update terbaru tadi berangsur-angsur turun dari bagian teratas dan selanjutnya pindah ke halaman kedua, ketiga dan seterusnya.

Posisi teratas halaman pertama akan selalu menampilkan update terbaru. Posisi tersebut tidak memandang kategori update tersebut. Di sini biasanya masalahnya. Kadang untuk membuat sebuah website kita hanya memerlukan satu kategori yang dinamis untuk ditampilkan, sedangkan kategori lain tidak diperlukan untuk tampil di halaman pertama.

CMS Joomla menyediakan fasilitas untuk menampilkan satu kategori yang dinamis pada halaman utama. Fasilitas tersebut ada karena Joomla memang disediakan untuk membuat website.

Sedangkan pada CMS Wordpress fasilitas tersebut tidak disediakan. Wordpress hanya menyediakan fasilitas untuk menampilkan halaman statis (Static Page). Namun walaupun fasilitas tersebut tidak disediakan, kita masih bisa mengakali agar tampilan blog satu kategori di halaman utama bisa muncul. Caranya adalah dengan mengedit theme yang kita gunakan. Caranya adalah sebagai berikut.

Pada file index.php, cari kode berikut <?php get_header(); ?>. Sebelum kode tersebut, masukkan kode <?php $pagename = 'Berita'; ?>. Berikutnya cari kode <?php if (have_posts()) : ?>. Sebelum kode tersebut masukkan kode <?php query_posts('category_name='.$pagename); ?>. Setelah itu simpan kode tersebut. Hasilnya, pada halaman utama blog akan muncul update kategori 'berita' saja. Untuk mengganti kategori yang ingin ditampilkan, ganti kata berita dengan kategori yang sesuai.
5 Blogger Jambi: Menampilkan Satu Kategori Pada Blog Wordpress Blog bersifat dinamis. Setiap update terbaru akan ditampilkan pada halaman pertama dan terletak di bagian paling atas. Lama-kelamaan setelah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >