+ -

Pages

Website Menggunakan Wordpress atau Joomla?

Sekitar satu setengah tahun yang lalu saya membuat website menggunakan Joomla 1.5. Pada awalnya saya tidak setuju jika harus membuat website menggunakan Joomla. Sebab saya kurang mengerti dengan CMS tersebut. Jika boleh memilih antara menggunakan Joomla atau menggunakan Wordpress, maka saya akan memilih menggunakan Wordpress. Saya lebih familiar menggunakan Wordpress karena Wordpress lebih sederhana. Namun karena saya disarankan terus untuk menggunakan Joomla, akhirnya saya tetap menggunakan Joomla.

Setelah membuat website dengan Joomla, saya mencoba mempelajari lebih banyak lagi tentang penggunaan Joomla. Dan akhirnya saya bisa walaupun tidak terlalu menguasai sepenuhnya. Sekarang ini walaupun sudah agak banyak mengetahui tentang Joomla, buat saya tetap saja Joomla masih lebih rumit dibandingkan dengan Wordpress. Walaupun versi Joomla terus naik, namun Wordpress tetap lebih sederhana.

Sekarang ini versi terbaru Joomla adalah Joomla 2.5. Katanya Joomla versi ini jauh lebih baik ketimbang sebelumnya. Saya disarankan untuk menggunakan Joomla versi 2.5 ini dengan cara meng-upgrade versi sebelumnya. Sayangnya untuk meng-upgrade ke versi ini cukup sulit. Jika upgrade dilakukan maka kemungkinan akan mengalami banyak kesalahan (error). Ada yang menyarankan agar mengulang kembali saja membuat website dari awal agar hasilnya lebih baik. Namun untuk mengulang dari awal lagi tentu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sekarang saya merencanakan ingin mengulang membuat website baru lagi. Namun saya tidak akan membuatnya dengan Joomla. Saya akan membuatnya dengan Wordpress. Walaupun katanya Joomla lebih baik daripada Wordpress, tetap saja saya akan menggunakan Wordpress. Saya yakin Wordpress dengan kesederhanaannya juga bisa melakukan hal-hal yang bisa dilakukan oleh Joomla.
5 Blogger Jambi: Website Menggunakan Wordpress atau Joomla? Sekitar satu setengah tahun yang lalu saya membuat website menggunakan Joomla 1.5. Pada awalnya saya tidak setuju jika harus membuat website...

3 komentar:

  1. saya masih setia pake wordpress da :)

    BalasHapus
  2. sama,,
    saya disarankan menggunakan joomla karena saya akan membuat web kantor, ..
    lebih bagus katanya..
    tapi menurut saya wordpress juga bagus.

    BalasHapus
  3. Joomla bagus dalam hal disain, wordpress bagus dalam hal fitur.

    BalasHapus

< >