+ -

Pages

Acara Kelulusan SMA

Melihat acara coret-coretan baju dan konvoi lulusan anak SMA sekarang, saya jadi teringat kenang-kenangan waktu saya masih SMA dulu (2002). Waktu itu coret-coretan baju sangat dilarang. Alasannya adalah baju bisa disumbangkan ke adik-adik kelas yang membutuhkan. Alasannya memang sederhana, tapi sangat kuat sebab memang banyak adik-adik kelas yang ekonomi keluarganya kurang mampu.

Kalau ada yang coret-coretan baju di sekolah pasti akan dimarahi oleh guru. Kalau ada yang coret-coretan baju di luar sekolah pasti dikejar-kejar sama pak polisi. Intinya saat itu coret-coret baju hukumnya 'haram'. Kabarnya ada sebagian teman yang masih coret-coretan baju, tapi saya tidak tahu mereka pergi kemana agar tidak ketahuan.

Namun di sini, entah karena beda lokasi atau beda generasi, coret-coretan baju sepertinya diperbolehkan. Setelah mendapatkan pengumuman kelulusan, para lulusan mengelilingi kota sambil konvoi dengan motor mereka masing-masing. Tidak ada yang melarang mereka, mereka bebas berkeliling kota dengan motor bahkan tanpa memakai helm sekalipun. Pak polisi pun sudah siap mengamankan di setiap persimpangan jalan demi kelancaran konvoi mereka.

Menurut saya, asalkan tidak coret-coretan baju, tidak masalah kalau mereka berpesta atas kelulusan mereka. Karena itu merupakan hasil usaha kerja keras mereka selama tiga tahun. Kerja keras mereka lebih berat dari angkatan saya dulu. Kelulusan sekarang sudah semakin sulit karena nilai batas bawah kelulusan telah ditinggikan.

Saya rasa acara kelulusan mereka juga tidak akan berlangsung lama. Paling juga satu atau dua hari. Setelah itu mereka akan berpikir sendiri bahwa ini baru awal, bukan akhir. Mereka akan memutuskan akan kemana mereka setelah ini. Apa pun yang mereka putuskan, mereka tidak akan bisa lepas dari empat pilihan berikut: kuliah, kerja, nganggur atau kawin.

Hmm.. Walaupun hidup adalah pilihan, tapi ternyata semakin lama hidup, pilihannya semakin sedikit. Hedeeehh...







5 Blogger Jambi: Acara Kelulusan SMA Melihat acara coret-coretan baju dan konvoi lulusan anak SMA sekarang, saya jadi teringat kenang-kenangan waktu saya masih SMA dulu (2002). ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >