+ -

Pages

Alarm Pada Waktu Yang Tepat

Kalau sudah tiba waktunya untuk bangun tidur, maka kita harus secepatnya bangun dari tidur. Tak usah bermalas-malasan dulu sambil meregang-regangkan tubuh atau memeluk-meluk bantal. Langsung saja bangun.

Waktu memasang alarm haruslah pada waktu yang tepat. Maksudnya agar kita bangun di saat yang tepat pula. Waktu yang tepat adalah waktu ketika tubuh benar-benar siap untuk bangun.

Saya lihat banyak teman-teman memasang alarm pada waktu yang tidak tepat. Contohnya ketika alarmnya berbunyi pada jam 5 pagi, tapi tubuhnya belum siap untuk bangun. Akhirnya ia bangun sebentar dan mengundurkan alarmnya agar berbunyi lagi 10 menit kemudian, kemudian ia tidur lagi. Alarm berbunyi lagi 10 menit kemudian dan ia pun mengundurkan alarmnya agar berbunyi lagi 10 menit kemudian. Namun 10 menit kemudian kondisinya tetap sama, ia masih mengundurkan alarmnya 10 menit lagi. Begitu seterusnya hingga akhirnya ia bangun jam 7 pagi.

Kondisi ini menandakan bahwa pada jam 5 pagi tubuhnya tidak siap untuk bangun. Kebiasaan bangunnya adalah jam 7 pagi. Ketika ia bangun sebentar jam 5 pagi, otaknya belum bisa bekerja dengan baik. Ia belum bisa menerima apa dampak yang akan terjadi jika ia bangun terlambat. Oleh karena itu ia kemudian melanjutkan tidurnya lagi.

Jika pada dasarnya kita bangunnya jam 7 pagi, ya sudah, tidak usah pasang alarm. Toh, jam 7 pagi itu kita akan bangun dengan sendirinya tanpa ada yang membangunkan. Kita juga tidak akan terganggu dengan alarm yang selalu berbunyi setiap 10 menit. Tidur pun akhirnya menjadi efektif.

Kalau ingin mengubah kebiasaan jam bagun tidur dari jam 7 pagi menjadi jam 5 pagi, maka bangun tidur harus dipaksakan dan harus ada yang memaksakan. Kita tidak akan bisa menjadi terbiasa bangun tidur pada jam 5 pagi secara tiba-tiba. Kita harus dipaksa dulu oleh si pemaksa agar selalu bangun jam 5 pagi dan ini harus dilakukan setiap hari agar menjadi kebiasaan. Semua itu butuh waktu agar tertanam di pikiran bawah sadar.
5 Blogger Jambi: Alarm Pada Waktu Yang Tepat Kalau sudah tiba waktunya untuk bangun tidur, maka kita harus secepatnya bangun dari tidur. Tak usah bermalas-malasan dulu sambil meregang-r...

1 komentar:

  1. hehehe bener banget tuh. kalo udah kebiasaan bangun kesiangan mau dipasang alarm jam berapapun kadang tetap aja kesiangan :D

    BalasHapus

< >