+ -

Pages

Bahasa Kalbu

Hati bisa berbicara. Apa yang dikatakannya selalu membawa kebenaran. Tidak ada yang salah di dalamnya. Tapi karena kepentingan dan situasi dunia yang berbagai macam, kadang kita cenderung menutupi kata hati. Kita tidak mau mendengarnya hingga tertutupilah kebenaran yang sesungguhnya.

Kita memang tidak bisa mengungkapkan semua isi hati dengan kata-kata. Kosakata kita sangat terbatas, sedangkan kosakata hati sangatlah luas tak berbatas. Jika kita mengungkapkan isi hati ke orang lain dengan menggunakan kosakata, maka bisa saja akan terjadi kesalahan komunikasi. Penyebabnya adalah karena keterbatasan kosakata kita tadi.

Tapi perlu kita sadari, bahwa tanpa menggunakan kosakata, dua hati bisa saling berbicara. Kedua-duanya akan menggunakan bahasanya sendiri, yaitu bahasa hati (bahasa kalbu). Semua yang ada dalam pembicaraan itu adalah kebenaran. Tidak ada sedikit pun kebohongan.

Dua insan manusia tidak harus bersama-sama selama bertahun-tahun agar dua hati mereka bisa berbicara. Dalam hitungan hari bahkan menit pun jika ada kecocokan jiwa maka dua hati akan saling berbicara. Mereka akan saling mengetahui isi hati.

Namun jika tidak ada kecocokan jiwa, maka dalam interval waktu tahun, abad bahkan milenium pun, mereka hanya akan bisa berbicara mengungkapkan isi hati menggunakan kosakata dari mulut ke mulut. Mereka tidak akan pernah sampai ke pembicaraan dari hati ke hati dengan menggunakan bahasa hati.

Prinsipnya, harus ada kecocokan jiwa. Setelah itu hati akan saling berbicara. Oleh karena itu seseorang bisa saja mengetahui isi hati orang lain yang cocok dengannya. Jadi tidak salah jika Titi DJ mengungkapkan hal itu dalam "Bahasa Kalbu"-nya:
Kau satu kekasih
Ku lihat di sinar matamu
Tersimpan kekayaan batinmu


Di dalam senyummu
Ku dengar bahasa kalbumu
Mengalun bening menggetarkan


Kini dirimu yang selalu
Bertahta di benakku
Dan aku kan mengiringi
Bersama di setiap langkahmu

Percayalah
Hanya diriku yang paling mengerti
Kegelisahan jiwamu kasih
Dan arti kata kecewamu


Kasih yakinlah
Hanya aku yang paling memahami
Besar arti kejujuran diri
Indah sanubarimu kasih

Percayalah

(Bahasa Kalbu - Titi DJ)

Pecayalah Indah…
5 Blogger Jambi: Bahasa Kalbu Hati bisa berbicara. Apa yang dikatakannya selalu membawa kebenaran. Tidak ada yang salah di dalamnya. Tapi karena kepentingan dan situasi d...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >