+ -

Pages

Hukum Keseimbangan Alam Semesta

Berikut ini hanyalah sebuah teori hasil pemikiran saya sendiri saja. Mungkin banyak yang salah dalam teori ini. Jadi jangan terlalu dipercaya. :)

Alam semesta diciptakan dalam keadaan seimbang. Apa yang kita berikan kepada alam semesta, suatu saat nanti, alam semesta juga akan memberikan miliknya kepada kita sebesar apa yang kita berikan. Yang kita terima bisa saja dalam bentuk yang lain. Tetapi nilainya akan tetap sama.

Sama seperti sebuah persamaan matematika. Jika sisi kiri ditambah 1 maka sisi kanan juga harus ditambah satu. Jika sisi kiri dikali 10 maka sisi kanan juga harus dikali 10. Begitu juga dengan jenis operasi matematika yang lain seperti pengurangan, pembagian dan lain-lain, semua akan menyeimbangkan. Persamaan matematika selalu kembali ke keadaan seimbang.

Begitu juga dengan ilmu sosial. Banyak orang bilang ilmu sosial adalah ilmu yang tidak pasti. Ilmu sosial akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu sesuai perkembangan zaman. Namun, pada prinsipnya, ilmu sosial adalah ilmu pasti yang penuh keseimbangan.

Misalkan sebuah senyuman kita berikan kepada orang lain, maka sesuai dengan keseimbangannya, orang lain tersebut akan memberikan senyuman balik kepada kita. Jika pada saat itu kita tidak menerimanya, maka kita akan menerimanya pada saat yang lain oleh orang yang lain. Yang kita terima bisa saja dalam bentuk yang lain, tetapi nilainya akan selalu sama. Prinsipnya, pada ilmu sosial, kebaikan akan mendatangkan kebaikan dan keburukan akan mendatangkan keburukan.

Berdasarkan prinsip tadi, maka mulailah belajar untuk memberikan semua kebaikan yang kita mampu sebanyak mungkin kepada orang lain. Namun jangan dulu memikirkan keseimbangan dan hasilnya. Karena pada suatu saat nanti, kita pasti akan menerimanya walaupun dalam bentuk yang lain.

Kebaikan pasti akan kembali, jadi jangan pernah ragu. Tapi jangan pula berharap akan menerima kebaikan yang lebih besar daripada apa yang telah kita berikan. Sebab jika kita menerimanya terlalu besar, maka pada suatu saat nanti, mau tidak mau kita harus membayarnya.

Karena adanya teori keseimbangan ini, selain ilmu sosial, banyak lagi ilmu-ilmu lain yang juga penuh dengan keseimbangan dan kepastian. Contohnya ilmu fisika, kimia, ekonomi, akuntansi, budaya dan lain-lain. Dan setahu saya hanya ilmu statistik saja yang merupakan ilmu pasti tetapi penuh dengan ketidakpastian. Hadoooh....
5 Blogger Jambi: Hukum Keseimbangan Alam Semesta Berikut ini hanyalah sebuah teori hasil pemikiran saya sendiri saja. Mungkin banyak yang salah dalam teori ini. Jadi jangan terlalu dipercay...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >