+ -

Pages

Antara Hak dan Kewajiban


Jika sesuatu itu milik kita, sesulit apa pun jalannya, seberat apa pun rintangannya, pasti tetap akan menjadi milik kita, karena itu adalah milik kita.


Tetapi, jika sesuatu itu bukan milik kita, walaupun mudah jalannya, walaupun bersusah payah kita mendapatkannya, maka itu tidak akan pernah menjadi milik kita, karena itu bukan milik kita.



Ada satu hal penting yang benar-benar harus kita pahami dalam kehidupan ini tentang hak dan kewajiban. Yang harus kita pahami itu adalah bahwa "hak sama besarnya dengan kewajiban".

Karena hak sama besarnya dengan kewajiban, maka kita tidak akan pernah menerima hak lebih besar daripada kewajiban. Jika hak lebih besar kita terima daripada kewajiban, maka sebenarnya kita telah menerima sesuatu yang bukan hak kita. Atau kita masih memiliki kewajiban yang belum kita penuhi. Besarnya kewajiban yang belum kita penuhi tersebut sebesar kelebihan hak yang telah kita terima.

Satu hal penting tersebut mengajarkan kita agar tidak selalu menuntut hak sebelum kita melaksanakan kewajiban. Hak dan kewajiban itu selalu beriringan. Hak akan datang dengan sendirinya jika kewajiban telah dipenuhi. Kewajiban pun akan menuntut jika hak sudah terlebih dahulu diterima.

Banyak orang yang menuntut haknya tanpa terlebih dahulu melaksanakan kewajibannya. Mereka kadang tahu tentang haknya saja tanpa tahu apa kewajibannya. Ada juga yang tahu hak dan kewajibannya, tapi ia meminta haknya terlebih dahulu. Setelah haknya ia terima maka ia baru kemudian melaksanakan kewajibannya. Seringkali kewajiban tersebut sulit ia laksanakan karena kewajiban biasanya lebih berat dilaksanakan setelah hak diterima.
5 Blogger Jambi: Antara Hak dan Kewajiban Jika sesuatu itu milik kita, sesulit apa pun jalannya, seberat apa pun rintangannya, pasti tetap akan menjadi milik kita, karena itu adalah ...

1 komentar:

  1. yapz, benar sekali mas.. karena hak-hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunannya tergantung kepada diri kita sendiri.terimakasih informasinya,semoga bermanfaat.

    BalasHapus

< >