+ -

Pages

Belajar Menulis (Lagi)

Tadi malam saya membuka lagi tulisan-tulisan saya yang ada di blog ini. Saya menemukan banyak sekali dalam blog ini tulisan-tulisan yang kurang menarik dan tidak enak dibaca. Menurut saya, penyebabnya adalah karena cara penyampaian informasi dalam tulisan tersebut kurang baik. Ketahuan sekali kalau tulisan tersebut tidak diedit terlebih dahulu sebelum diterbitkan.

Sebenarnya saya ingin mengedit lagi tulisan-tulisan tersebut. Tapi sepertinya itu tidak mungkin. Saya memiliki lebih dari 600 tulisan di dalam blog ini. Saya tidak mungkin mengeditnya satu per satu. Saya tidak punya banyak waktu untuk kegiatan seperti itu. Mungkin lebih baik saya menggunakan waktu saya untuk tetap membuat tulisan yang baru setiap hari. Namun di setiap pembuatan tulisan baru tersebut, saya harus memperhatikan cara penyampaian informasi di dalamnya, agar tulisan tersebut lebih menarik dan enak dibaca.

Kelemahan saya selama ini adalah, ketika membuat sebuah tulisan, saya tidak memperhatikan cara penyampaian informasi dalam tulisan tersebut. Oleh karena itu, saya selalu menerbitkan tulisan yang baru saja saya buat tanpa mengeditnya terlebih dahulu. Saya hanya berpikir, asal semua yang ada di dalam pikiran saya telah tertumpahkan ke dalam sebuah tulisan, berarti tulisan tersebut telah jadi dan bisa diterbitkan. Saya tidak berpikir lagi apakah tulisan tersebut perlu diedit lagi atau tidak. Oleh karena itulah, hasil tulisan tersebut sama persis seperti tulisan yang saya baca tadi malam, kurang menarik dan tidak enak dibaca.

Supaya saya bisa membuat tulisan-tulisan yang menarik, maka saya harus belajar. Tapi sayangnya, saya tidak punya guru untuk belajar. Yang bisa saya lakukan hanyalah membaca tulisan-tulisan orang lain yang menarik dan enak dibaca. Kemudian saya bisa mempelajari pola penulisan tulisan tersebut dan menganalisis cara penyampaiannya. Selanjutnya saya harus mempraktekkannya dengan membuat tulisan sesuai dengan hasil yang saya pelajari dan saya analisis tadi.
5 Blogger Jambi: Belajar Menulis (Lagi) Tadi malam saya membuka lagi tulisan-tulisan saya yang ada di blog ini. Saya menemukan banyak sekali dalam blog ini tulisan-tulisan yang kur...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >