+ -

Pages

Duet Dropbox Dan Google Drive

Dulu, untuk menyimpan data sementara di internet, saya pernah menggunakan Dropbox. Tapi saya menggunakan Dropbox hanya beberapa bulan saja. Soalnya kapasitas penyimpanan Dropbox hanya 2GB, sedangkan data yang harus saya simpan jauh melebihi 2GB. Jadi buat saya media penyimpanan Dropbox ini masih kecil. Saya pun akhirnya meninggalkan Dropbox.

Saya juga pernah mencoba menggunakan Cloudme sebagai media penyimpanan tambahan. Tapi ternyata cara kerja Cloudme tidak sama dengan Dropbox. Saya pun tidak tertarik menggunakan Cloudme dan akhirnya meninggalkannya.

Sekarang saya mulai lagi mempertimbangkan untuk menyimpanan data di internet. Kali ini, pertimbangan saya menyimpan data di internet adalah karena menyimpan data di internet lebih baik daripada tidak menyimpannya sama sekali. Data yang tersimpan di internet biasanya bisa tersimpan dengan aman. Andaikan suatu saat laptop saya rusak dan data yang ada di dalamnya tidak bisa diambil, maka saya tidak perlu lagi cemas karena data saya tersebut masih bisa terselamatkan. Data-data tersebut masih ada backup-annya di internet. Saya masih bisa mengambil data tersebut kembali walaupun data yang bisa saya ambil itu hanya sebesar 2GB (jika saya menggunakan Dropbox). Saya yakin, data-data sebesar 2GB itu pasti data-data yang penting.

Untuk bisa menyimpan data di internet, saya pun akhirnya kembali menggunakan Dropbox. Karena kapasitas penyimpanan Dropbox kecil, saya akhirnya mencari layanan penyimpanan data tambahan. Saya mencari layanan penyimpanan data yang cara penyimpanan datanya mirip dengan Dropbox. Akhirnya saya menemukan Google Drive. Media penyimpanan pada Google Drive ini ternyata lebih besar daripada Dropbox, yaitu 5GB.

Kalau ditotal kapasitas penyimpanan Dropbox dan Google Drive, maka saya sudah memiliki media penyimpanan di internet sebesar 7GB. Dari Dropbox 2GB dan dari Google Drive 5GB. Sepertinya ini sudah lebih dari cukup untuk penyimpanan data-data sementara yang ukurannya kecil. Untuk penyimpanan data tetap yang ukuran besar, saya menggunakan hardisk eksternal. Saya sudah punya dua buah hardisk eksternal yang kapasitas penyimpanannya masing-masing 500GB dan 1TB. Kedua hardisk ini juga sudah lebih dari cukup untuk menyimpan data-data yang ukurannya besar.

Dengan adanya kedua jenis media penyimpanan ini (internet dan hardisk eksternal), maka saya tidak perlu takut lagi jika laptop saya ini rusak dan datanya tidak bisa diambil lagi. Sebab backup-annya selalu ada untuk bisa saya ambil kapan saja. Hehe….
5 Blogger Jambi: Duet Dropbox Dan Google Drive Dulu, untuk menyimpan data sementara di internet, saya pernah menggunakan Dropbox . Tapi saya menggunakan Dropbox hanya beberapa bulan saja...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >