+ -

Pages

Target Membaca dan Menulis

Dulu saya pernah menetapkan target menulis. Target saya adalah saya harus membuat satu buah tulisan setiap hari. Tulisan tersebut tidak harus panjang. Minimal dua paragraf saja dan topiknya bebas.

Saya pun selalu berusaha merealisasikan target tersebut. Setelah sekian lama saya mencoba, akhirnya target tersebut bisa saya realisasikan. Membuat tulisan setiap hari ternyata cukup mudah asal ada kemauan. Tulisan-tulisan yang saya buat saya posting di blog ini.

Tapi belakangan ini saya agak kesulitan membuat tulisan. Saya kekurangan ide dalam menulis. Rasanya tulisan yang saya buat adalah tulisan yang itu-itu saja, tidak ada perubahan dan peningkatan kualitas. Setelah saya pikir-pikir lagi, mungkin penyebabnya adalah karena saya jarang menambah ilmu. Maksudnya saya jarang membaca buku.

Menulis itu ibarat sebuah sistem. Pada sebuah sistem, ada input, ada proses dan ada output. Jika akan menulis, maka harus punya input (ilmu), harus ada proses (pemikiran), kemudian output akan dihasilkan (tulisan).

Ilmu (input) diperoleh dengan banyak membaca. Jika banyak membaca maka kita akan punya banyak ilmu dan akan banyak pula yang akan dituliskan. Jika yang dibaca adalah buku-buku yang bermutu, maka outputnya adalah tulisan yang bermutu, sebab inputnya bermutu. Jika tidak ada input tapi dipaksakan mengeluarkan output, maka output yang dihasilkan adalah tulisan-tulisan yang kurang bermutu.

Karena target menulis sudah ditetapkan, maka berikutnya saya akan menetapkan target membaca. Target membaca ditetapkan untuk dapat menambah input (ilmu). Rencananya target saya adalah membaca buku minimal 1 buku setiap bulan. Buku yang akan dibaca rencananya adalah buku yang tipis saja. Kalau buku yang tebal, saya tidak sanggup membacanya. Hehe..

Membaca 1 buku tipis setiap bulan, rasanya saya sanggup melakukannya, soalnya waktu kuliah dulu saya sanggup membaca beberapa buah buku tipis dalam satu bulan. Semoga saja sekarang juga masih sanggup. Hehe..

Kalau target ini terealisasi, maka dalam setahun saya akan menghasilkan sekitar 365 tulisan dan telah membaca minimal 12 buku tipis. Hasil yang cukup lumayan menurut ukuran saya saat ini. Hehe..

Untuk merealisasikan target ini, saya harus mulainya dari sekarang. Motto saya: mari gemar membaca dan rajin menulis. :D
5 Blogger Jambi: Target Membaca dan Menulis Dulu saya pernah menetapkan target menulis. Target saya adalah saya harus membuat satu buah tulisan setiap hari. Tulisan tersebut tidak haru...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >