+ -

Pages

Tidak Bisa Mengedit Joomla

Tadi, ada teman yang bertanya kepada saya tentang template website Joomla. Katanya, ia tidak bisa mengedit template Joomlanya. Kemudian saya jawab saja kalau saya juga tidak mengerti untuk masalah yang ia tanyakan itu. Ia juga menanyakan masalah-masalah Joomla lainnya yang tidak bisa juga saya jawab.

Saya jawab begitu karena saya merasa bahwa ia sama saja seperti saya dulu. Dulu saya dibuatkan sebuah website dengan menggunakan Joomla. Selanjutnya saya diminta untuk melanjutkan pengembangan website tersebut. Namun saya tidak banyak mengerti tentang Joomla dan akhirnya tidak mampu mengembangkan website tersebut dengan baik. Hal seperti inilah yang juga dialami oleh teman saya tersebut.

Saya sudah banyak bertanya kepada si pembuat website tentang masalah-masalah Joomla yang saya alami. Karena dia yang membuat, maka dia jauh lebih mengerti tentang website tersebut dibandingkan saya. Namun, setelah lama belajar, tetap saja saya tidak bisa banyak memahami website tersebut dan tidak bisa juga mengembangkannya dengan baik.

Saya menyarankan teman saya tadi agar dia membangun ulang saja websitenya itu. Soalnya dengan begitu ia bisa lebih mengerti tentang kesuluruhan isi websitenya. Kalau ia ingin belajar dulu, maka ia bisa belajar dari Google. Lebih mudah dan lebih praktis. Dengan membuatnya sendiri, nanti dia akan jauh lebih mengerti tentang websitenya sendiri dibandingkan orang lain.

Hal seperti itulah dulu pernah saya lakukan. Sekarang saya lebih mengerti tentang website saya dibandingkan orang lain.
5 Blogger Jambi: Tidak Bisa Mengedit Joomla Tadi, ada teman yang bertanya kepada saya tentang template website Joomla. Katanya, ia tidak bisa mengedit template Joomlanya. Kemudian saya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >