+ -

Pages

Tidak Sedang Belajar Statistik

Dulu saya sempat terpikir untuk menjadikan blog ini sebagai sarana untuk belajar statistik. Soalnya, sehari-hari saya selalu berkutat dengan pekerjaan statistik. Tiada hari tanpa statistik. Saya ingin bekerja bukan hanya untuk sekedar menyelesaikan pekerjaan statistik, tetapi juga untuk belajar ilmu statistik. Saya ingin mengulang pelajaran statistik dan mendapatkan ilmu statistik yang baru. Pelajaran statistik dan ilmu statistik yang baru itulah yang rencananya akan saya bagi-bagikan melalui blog ini.

Saya sempat menulis beberapa buah tulisan tentang statistik dan juga beberapa buah tulisan mengenai ilmu terapan statistik. Karena yakinnya akan menulis tentang statistik, saya pun mengganti deskripsi blog ini dari "belajar menulis" menjadi "belajar statistik". Maksudnya agar pembelajaran statistik melekat di pikiran saya dan saya bisa fokus ke ilmu statistik.

Namun lambat laun, entah kenapa, saya malah menjadi jarang menulis. Menulis menjadi semakin sulit, apalagi menulis tulisan yang berhubungan dengan statistik. Saat itu, rasanya saya selalu kekurangan ide untuk menulis. Jumlah tulisan yang saya hasilkan pun akhirnya tidak banyak. Walaupun sehari-hari bekerja dengan statistik, tapi ketika ingin menulis, tema tulisan yang saya buat malah semakin jauh dari ilmu statistik.

Saya sudah mencoba mendekatkan tema tulisan ke ilmu statistik, tetapi akhirnya malah membuat menulis menjadi semakin susah. Namun ketika saya menjauhkan tema tulisan dari statistik, menulis malah semakin mudah dan lancar. Lama-kelamaan saya pun menuliskan hal-hal di luar statistik. Ketika memikirkan ide tulisan, saya tidak lagi memikirkan statistik. Setelah sekian lama, perlahan-lahan menulis malah menjadi bagian dari melepaskan diri dari pekerjaan statistik. Atau mungkin lebih tepatnya sebagai sarana penyegaran dari pekerjaan statistik yang rumit.

Belakangan ini saya mulai meraba-raba lagi apa visi blog ini. Sepertinya blog ini memang hadir bukan untuk menuliskan tentang statistik. Tapi blog ini hadir sebagai tempat istirahat dari beratnya pekerjaan statistik. Oleh karena itulah, tadi malam saya mengganti deskripsi blog ini dari "belajar statistik" menjadi "tidak sedang belajar statistik". Hehe...
5 Blogger Jambi: Tidak Sedang Belajar Statistik Dulu saya sempat terpikir untuk menjadikan blog ini sebagai sarana untuk belajar statistik. Soalnya, sehari-hari saya selalu berkutat dengan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >