+ -

Pages

Tulisan yang Mudah Dimengerti

Menurut saya, kalau kita ingin menulis, kita tidak usah dulu berpikir apakah nanti tulisan yang kita buat akan bagus atau tidak. Soalnya pikiran tersebut akan menghambat kreativitas kita dalam menulis. Tulis saja apa yang ingin ditulis. Bagus atau tidak itu urusan belakang. Kalau tidak bagus, kita masih bisa mengeditnya nanti.

Sebenarnya, membuat tulisan yang bagus itu tidak wajib. Sebab yang wajib dalam sebuah tulisan adalah informasi yang disampaikan dalam tulisan tersebut bisa diterima dengan baik oleh pembaca. Itu saja. Bagus atau tidak tulisan tersebut, itu tidak penting.

Agar bisa menghasilkan tulisan yang mudah dimengerti dan dipahami oleh orang lain, sebelum menulis, kita harus tahu dulu bahwa tujuan menulis adalah untuk menyampaikan informasi kepada orang lain melalui bahasa tulisan. Jadi bukan kita sebagai penulis saja yang bisa mengerti tulisan yang kita buat, tapi si penerima juga harus bisa memahaminya. Percuma saja kita membuat tulisan kalau hanya kita saja yang bisa mengerti sedangkan si pembacanya tidak. Menulis akhirnya akan menjadi sia-sia karena informasinya tidak sampai ke si penerima.

Ketika akan menulis, kita harus bisa menempatkan diri kita tidak hanya sebagai penulis, tapi kita juga harus bisa menempatkan diri sebagai pembaca. Kira-kira kita sebagai pembaca bisa mengerti atau tidak tentang apa yang telah kita tuliskan. Kalau belum, maka kita sebagai penulis harus menyederhanakan tulisan tersebut agar bisa dipahami oleh kita sebagai pembaca.

Menurut saya orang yang pintar menulis adalah orang yang menuliskan hal-hal yang rumit, tapi menghasilkan tulisan-tulisan yang sederhana. Jika kita membaca tulisan tersebut, kita dengan mudah bisa memahaminya. Tulisan yang mudah dipahami itu biasanya adalah tulisan yang sederhana, singkat, padat dan menggunakan bahasa sehari-hari.
5 Blogger Jambi: Tulisan yang Mudah Dimengerti Menurut saya, kalau kita ingin menulis, kita tidak usah dulu berpikir apakah nanti tulisan yang kita buat akan bagus atau tidak. Soalnya pik...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >