+ -

Pages

Penyimpanan Dokumen Elektronik

Zaman sekarang adalah zaman elektronik. Semua kegiatan manusia selalu diarahkan ke elektronik. Orang melakukan pembelian barang dengan cara elektronik, pembayarannya menggunakan pembayaran elektronik, suratnya surat elektronik, KTP-nya pun pakai KTP elektronik. Pengelektronikkan dilakukan agar kegiatan manusia menjadi lebih cepat, mudah dan murah.

Maka dari itu, saya pun juga tidak mau ketinggalan zaman. Saya sekarang ini lagi meelektronikkan dokumen-dokumen penting yang saya punya. Caranya, saya melakukan scanning terhadap dokumen-dokumen yang saya miliki selama ini. Yang saya scan mulai dari akte kelahiran, ijazah SD sampai ijazah kuliah. Selain itu juga dokumen-dokumen yang menyangkut dengan pekerjaan dan di luar pekerjaan.

Memang sebagian dokumen tersebut masih fotokopi, karena yang asli tidak saya pegang. Rencananya nanti, jika dokumen aslinya sudah ada di tangan saya maka semua dokumen asli tersebut akan saya elektronikkan juga.

Nanti setelah di-scan, hasilnya akan terbentuk dalam format *.jpg. Ukuran file-file yang terbentuk saat ini cukup besar, soalnya saya men-scan-nya dengan kualitas tinggi. Sekarang total yang sudah saya scan sebesar 1,06GB, dan total ini akan terus bertambah karena belum semua yang saya scan.

Nantinya saya akan mengkompres file-file tersebut agar lebih kecil. Selanjutnya saya akan menyimpan dokumen-dokumen itu di beberapa media penyimpanan elektronik. Termasuk juga saya akan menyimpannya SkyDrive atau Dropbox agar dokumen tersebut lebih aman karena backup-nya akan selalu tersedia dimana saja dan kapan saja.
5 Blogger Jambi: Penyimpanan Dokumen Elektronik Zaman sekarang adalah zaman elektronik. Semua kegiatan manusia selalu diarahkan ke elektronik. Orang melakukan pembelian barang dengan cara ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >