+ -

Pages

Belajar dari Pengalaman

Banyak orang bilang bahwa pengalaman adalah ilmu yang sangat berharga. Menurut saya itu memang benar dan saya percaya itu.

Tapi banyak di antara kita yang berpikir bahwa pengalaman yang dimaksud adalah pengalaman kita sendiri saja. Nah, di sini yang saya tidak setuju. Harusnya pengalaman yang dimaksud adalah pengalaman kita ditambah dengan pengalaman orang lain. Malahan seharusnya kita lebih banyak belajar dari pengalaman orang lain daripada pengalaman kita sendiri.

Jika kita ingin cepat pintar maka kita harus belajar. Kita bisa belajar dari pengalaman teman-teman kita, tetangga kita, orang-orang di sekitar kita dan orang-orang yang hidup sebelum kita.

Mengapa kita perlu belajar dari pengalaman mereka? Karena hidup kita ini singkat. Kita tidak punya cukup umur untuk belajar dengan cara mengulangi pengalaman-pengalaman mereka. Kita tidak punya cukup waktu untuk mengulangi kesalahan-kesalahan yang dulu pernah mereka alami.

Kita selalu butuh mereka agar kita bisa belajar dari pengalaman mereka. Dengan belajar kepada mereka, kita bisa terhindar dari kesalahan yang sama seperti dulu yang pernah mereka alami. Kita juga bisa memiliki keberhasilan yang lebih baik dibandingkan keberhasilan-keberhasilan yang telah mereka raih dulu.

Namun, bukan kita saja yang butuh pengalaman mereka. Pengalaman kita juga dibutuhkan oleh generasi-generasi setelah kita. Agar mereka bisa belajar. Maka dari itu marilah bersama-sama mencari pengalaman. Bukan pengalaman untuk kita, tapi pengalaman untuk kita bersama.
5 Blogger Jambi: Belajar dari Pengalaman Banyak orang bilang bahwa pengalaman adalah ilmu yang sangat berharga. Menurut saya itu memang benar dan saya percaya itu. Tapi banyak di an...

2 komentar:

  1. pengalaman adalah guru yang paling hebat..

    BalasHapus
  2. betul.. hidup itu harus selalu belajar.

    BalasHapus

< >