+ -

Pages

Memisahkan Beberapa Polygon dari Sekelompok Polygon

Saya memiliki sebuah file shapefile (*.shp) yang terdiri dari 10 buah polygon. Saya berencana membagi shapefile tersebut menjadi dua bagian. Shapefile pertama terdiri dari 3 buah polygon, dan lebihnya merupakan shapefile kedua yang terdiri dari 7 buah polygon. Cara kerja saya membagi kedua shapefile tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Membuka terlebih dahulu shapefile (*.shp) di Program Arcview, hasilnya adalah sebuah peta yang tampak seperti gambar di bawah ini.

  2. Membuka attributes peta, caranya pilih menu Theme kemudian pilih Table.

  3. Tampilan attributes peta akan tampak seperti gambar di bawah ini. Tampak bahwa peta terdiri dari 10 baris (10 polygon).

  4. Pilih beberapa polygon yang akan dipisah menjadi sekelompok polygon baru. Tekan Shift dan klik beberapa buah untuk memilih beberapa buah polygon. Dari gambar di bawah, tampak bahwa baris yang berwarna kuning merupakan polygon yang dipilih.

  5. Tutup attributes tadi, kemudian buka kempali View gambar peta sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini. Daerah yang berwarna kuning merupakan daerah yang akan dipisah menjadi shapefile baru.

  6. Pilih Theme, kemudian pilih Convert to Shapefile. Tujuan langkah keenam ini adalah membuat shapefile baru dari polygon-polygon yang dipilih di atas.

  7. Hasil Convert to Shapefile memerlukan media penyimpanan. Cari direktori yang tepat untuk menyimpan file tersebut dan beri nama. Kemudian klik OK.

  8. Shapefile baru telah tersimpan, setelah itu akan muncul jendela baru yang gunanya untuk menginginkan kita menambah theme baru yang baru dibentuk tadi. Klik Yes.

  9. Hasil dari shapefile baru yang terdiri dari 3 polygon tampak seperti gambar di bawah ini.

  10. Lakukan langkah yang sama untuk membentuk shapefile yang kedua.

5 Blogger Jambi: Memisahkan Beberapa Polygon dari Sekelompok Polygon Saya memiliki sebuah file shapefile (*.shp) yang terdiri dari 10 buah polygon. Saya berencana membagi shapefile tersebut menjadi dua bagia...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >