+ -

Pages

Perubahan Pola Makan Bulan Ramadhan

Ada perbedaan pola makan saya antara sebelum Bulan Ramadhan, pada Bulan Ramadhan dan pada Hari Lebaran. Sebelum Bulan Ramadhan, saya makan cukup banyak, minimal 3 kali sehari dengan porsi yang banyak pula. Sedangkan pada Bulan Ramadhan, karena puasa, saya makan hanya sedikit, maksimal dua kali sehari dengan porsi yang sedikit pula. Saya sering berharap dengan mengikuti pola makan Bulan Ramadhan, berat badan saya bisa turun walaupun hanya sedikit. Hehe.. Dan pada hari lebaran, saya "harus" makan yang banyak karena berbagai jenis makanan sudah dihidangkan yang katanya demi merayakan hari kemenangan. Walaupun dalam porsi sedang, namun saya makan lebih dari 3 kali sehari.

Pada awal Puasa Ramadhan kemarin, saya belum terbiasa dengan sedikit makan karena perubahan kebiasaan pola makan dari banyak makan menjadi sedikit terjadi secara mendadak. Namun setelah dilalui beberapa hari, kebiasaan pola makan yang baru itu mulai terbentuk. Tidak perlu waktu yang lama untuk mengubah kebiasaan ini.

Nah, sekarang ini terjadi pula perubahan pola makan disebabkan karena Hari Raya Lebaran. Dari pola makan yang sedikit ke pola makan yang banyak dengan porsi yang banyak pula. Saya yakin jika setelah lebaran ini saya tidak mengatur pola makan saya dengan baik, maka pola makan saya akan kembali ke pola makan sebelum puasa Ramadhan kemarin, bahkan mungkin bisa lebih parah lagi.

Mungkin hal ini juga agama menganjurkan kita untuk puasa 6 hari pada Bulan Syawal. Biar kita tidak terlena dengan hari kemenangan. Biasanya kita sering terlena dengan hari kemenangan ini. Hari kemenangan harusnya cukup satu hari saja pada tanggal 1 Syawal. Pada tanggal 2 Syawal, silahkan mulai berpuasa untuk puasa 6 hari Syawal. Tapi kebiasaan kita tidak begitu, lamanya hari perjuangan sama lamanya dengan hari kemenangan. Jadi kalau puasanya 30 hari, lebarannya juga 30 hari. Tidak mau kurang.

Agar tidak larut dalam kebiasaan hari lebaran ini, saya tidak yakin saya bisa berpuasa 6 hari di Bulan Syawal, hehe.. Mungkin yang harus saya perhatikan untuk mengurangi berat badan adalah mengurangi porsinya saja. Jadi biarlah makan saya banyak asal porsinya sedikit. Hehe...
5 Blogger Jambi: Perubahan Pola Makan Bulan Ramadhan Ada perbedaan pola makan saya antara sebelum Bulan Ramadhan, pada Bulan Ramadhan dan pada Hari Lebaran. Sebelum Bulan Ramadhan, saya makan c...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >