+ -

Pages

Sifat-sifat Aneh Manusia

Ada beberapa sifat manusia yang aneh yang saya rasakan beberapa hari ini. Sifat-sifat aneh tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Suka menyimpan barang-barang sampah. Barang-barang sampah adalah barang-barang yang tidak berguna lagi. Walaupun suatu saat nanti barang-barang sampah tidak akan berguna lagi dan pasti akan kita buang, tapi entah kenapa kita suka menyimpan barang-barang tersebut. Kita terlalu sayang dengan barang-barang tersebut dan tidak tega membuangnya. Kalau kita sadar maka kita akan tahu bahwa sebenarnya banyak barang-barang sampah telah mempersempit ruangan kita dan juga telah mempersumpek pikiran kita. Tapi sayang kita biasanya jarang menyadarinya sehingga barang-barang sampah kian bertumpuk.  Biasanya kita hanya berpikir bahwa suatu saat nanti barang-barang tersebut akan berguna kembali. Padahal tidak akan pernah sama sekali.

  2. Susah melihat orang senang dan senang melihat orang susah. Saya tidak mengerti mengapa banyak di antara kita yang memiliki sifat seperti ini. Mungkin kita kurang bersyukur dengan apa yang telah kita miliki sekarang sehingga kita hanya sibuk mengurus orang lain dan lupa mengurus diri sendiri. Yang terlihat oleh kita hanya kesenangan atau kesusahan orang lain. Karena adanya sifat iri, kita merasah risih dengan kesenangan yang dialami oleh orang lain. Dan karena adanya sifat bangga diri maka kita merasa senang jika melihat orang lain mengalami kesusahan.

  3. Suka dengan barang-barang yang bukan hak milik kita. Nah, sifat yang ini juga aneh, bukannya barang milik sendiri yang kita sukai, tapi malah barang milik orang lain. Karena adanya sifat ini, maka akhirnya kita dengan mudah menjadi suka mengambil barang-barang yang bukan hak milik kita. Sifat lain yang bisa muncul karena adanya sifat ini adalah suka mencuri, suka meminjam barang orang lain dan kemudian tidak mau mengembalikannya atau suka mengambil dan mempeributkan barang-barang kantor tempat kita bekerja. Kalau dipikir-pikir lagi, banyak barang-barang bukan hak milik kita yang kita senangi sebenarnya kita tidak benar-benar membutuhkannya. Karena adanya kesukaan tadi, akhirnya kita menjadi merasa butuh sehingga harus memilikinya. Seharusnya kita bersyukur saja dengan apa yang telah kita miliki sekarang. Kita harus sadar bahwa barang yang kita punya sekarang belum tentu berkah apalagi barang-barang yang bukan hak milik kita.

  4. Merasa alim tapi tidak berbuat layaknya orang alim. Kita merasa telah menjadi orang yang taat, namun sifat dan perbuatan kita tidak menunjukkan hal yang demikian. Kita masih sering merasa iri, dengki, berpikiran buruk, suka berbohong dan lain-lain. Kita merasa alim tetapi antara pikiran, hati dan perbuatan kita tidak pernah bersatu. Kita sering merasa sok suci sehingga kita dengan mudahnya melihat kejelekan sifat dan perbuatan orang lain, namun kabur dalam melihat kejelekan sifat dan perbuatan sendiri.


Sebenarnya masih banyak sifat-sifat kita lainnya yang aneh, tapi hanya beberapa hal di atas yang saya rasakan beberapa hari ini. Nanti kalau saya sudah mengetahui sifat-sifat aneh yang lainnya maka akan saya tuliskan lagi di sini. Biar kita sadar dengan keanehan sifat-sifat kita itu dan kemudian bisa memperbaikinya.
5 Blogger Jambi: Sifat-sifat Aneh Manusia Ada beberapa sifat manusia yang aneh yang saya rasakan beberapa hari ini. Sifat-sifat aneh tersebut adalah sebagai berikut. Suka menyimpan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >