+ -

Pages

Transformasi Koordinat Geodetik ke UTM

Saya mempunyai file peta digital dengan format *.shp. Sistem koordinat yang digunakan pada peta tersebut berbentuk geodetik. Rencananya saya akan melakukan editing digitasi pada file peta tersebut.

Dalam pendigitasian, saya menginginkan peta tersebut berada dalam sistem koordinat UTM. Oleh karena itu saya harus melakukan transformasi sistem koordinat yang digunakan oleh peta dari sistem koordinat geodetik ke sistem koordinat UTM. Dalam melakukan transformasinya, saya menggunakan Program ArcView.

Sebelum melakukan transformasi, extension ArcView Projection Utility pada Program ArcView harus diaktifkan terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka terlebih dahulu Program ArcView dan buat sebuah View kosong dalam sebuah Project.

  2. Kemudian pilih menu File dan pilih Extensions.

  3. Kemudian akan muncul jendela Extension. Selanjutnya cari dan pilih Projection Utility Wizard dan klik OK. Jika kita sering melakukan transformasi sistem koordinat, maka kita bisa tidak melakukan cara ini berulang kali. Caranya adalah dengan memilih Make Default sebelum memilih OK

  4. Arcview Projection Utility telah aktif pada menu File.


Selanjutnya adalah melakukan transformasi koordinat dari geodetik ke UTM. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buat sebuah View kosong dalam sebuah Project.

  2. Pada menu File pilih ArcView Projection Utility.

  3. Berikutnya akan muncul jendela ArcView Projection Utility - Step 1. Di jendela ini gunakan Browse untuk memilih file *.shp berkoordinat geodetik yang akan di transformasi ke UTM. Di sini saya memilih file peta.shp dalam direktori D:map. Di bagian Coordinate System tampak bahwa koordinat yang digunakan pada oleh file peta.shp tersebut adalah GCS_WGS_1984. Selanjutnya klik Next

  4. Setelah itu akan muncul jendela Arcview Projection Utility – Step 2. Bagian ini mendefinisikan jenis sistem koordinat yang dipakai oleh file peta.shp tadi. Abaikan saja bagian ini dan klik Next.

  5. Berikutnya akan muncul jendela Arcview Projection Utility – Step 3. Pada bagian Coordinat System Type pilih Projected. Pada bagian Name, cari dan pilih WGS_1984_UTM_Zone_48S_[32738]. Zona yang dipilih adalah zona peta yang sesuai dengan zona wilayah peta tersebut. Kebetulan zona yang sesuai dengan zona peta yang saya gunakan adalah zona WGS_1984_UTM_Zone_48S_[32738]. Pada bagian Units, pilih Meter [9001]. Kemudian klik Next.

  6. Setelah itu akan muncul jendela Arcview Projection Utility – Step 4. Klik Browse untuk menempatkan dan memberi nama file hasil transformasi koordinat. Saya memberi nama file tersebut dengan nama peta_utm.shp yang disimpan dalam direktory D:map. Kemudian klik Next.

  7. Selanjutnya akan muncul jendela Arcview Projection Utility – Summary. Jendela ini merupakan ringkasan transformasi sistem koordinat geodetik ke UTM yang kita lakukan tadi. Klik Next untuk melanjutkan.

  8. Transformasi koordinat telah selesai dilakukan dan file peta yang berkoordinat UTM telah selesai dibuat. Klik OK.


Untuk mengetahui file peta.shp tersebut sudah berkoordinat UTM, maka lakukan langkah-langkah berikut.


  1. Buat sebuah View kosong dalam sebuah Project.

  2. Tambah sebuah theme dengan memilih menu View, selanjutnya pilih Add Theme. Ambil peta_utm.shp di direktori tempat disimpannya file tersebut (lihat langkah ke-6 di atas). Klik OK.

  3. Centang theme yang dimasukkan tadi agar peta digital muncul.

  4. Arahkan kursor ke satu titik di dalam peta digital, selanjutnya pada sebelah kanan atas Program ArcView akan muncul sebuah titik koordinat UTM. Contoh koordinatnya adalah: lintang 328.694.18 dan bujur 9,908,636.88. Koordinat tersebut adalah koordinat posisi saya sekarang. :)

5 Blogger Jambi: Transformasi Koordinat Geodetik ke UTM Saya mempunyai file peta digital dengan format *.shp . Sistem koordinat yang digunakan pada peta tersebut berbentuk geodetik. Rencananya say...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >